UAD Fasilitasi Generasi Muda Berdakwah Digital

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Teknologi digital saaat ini berkembang semakin pesat. Pada masa revolusi 4.0 ini manusia secara umum memiliki gaya hidup yang tidak bisa lepas dari perangkat yang serba elektonik.

Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Ahad, 13 Juni 2021 melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema kegiatan Pelatihan Pembuatan Konten Dakwah Digital secara daring.

Kegiatan ini menyasar generasi muda untuk meningkatkan potensi mereka dalam berdakwah dengan media digital. Pengabdian Masyarakat kali ini diikuti oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dari Bangka Belitung dan Kendari.

“Generasi milenial saat ini sangat dekat dan akrab dengan media digital, pemanfatan media digital dalam dunia dakwah menjadikan dakwah semakin asik dan mudah diterima oleh kaum milenial” ungkap Dr. Wantini M.Pd. sebagai pembimbing dalam kegiatan ini.

Pelatihan pembuatan konten dakwah digital ini memiliki tiga materi bahasan peran pemuda Islam peran yang disampaikan Asman.

“Pelajar dan pemuda Islam memiliki sekurang-kurangnya empat peran dalam kehidupan sebagai agen perubahan, ujung tomabak Islam, sebagai generator dan sebagai nahkoda”. Dalam konten dakwah milenial disampaikan Fathul Mubin, dakwah milenial harus mencakup tiga aspek Akidah, Ibadah dan Muamalah.

Konten-konten yang penting dan sesuai dengan pelajar dan pemuda adalah mengidolakan Rasulullah SAW, berani mengerjakan shalat di manapun dan kapanpun, serta menjadi pribadi yang ksatria (kuat, semangat, trampil, riang, inovatif, dan Amanah).

Materi ketiga disampaikan oleh Fathur Rahman membahas bagaiman pembuatan konten dakwah digital yang menarik dengan menggunakan Power Point.

Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan pemuda Islam dengan jiwa-jiwa yang penuh dengan optimisme dalam berdakwah dan mampu menggunakan media digital sebagai media berdakwah. (HFS)

Exit mobile version