Kerjasama 3 Perguruan Tinggi Serumpun Hadapi Tantangan Global

UniMAP Perlis Malaysia, Untag, dan UMSU Siap Berkolaborasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Memorandum of Agreement (MoA) antar tiga universitas serumpun, Indonesia – Malaysia ditandatangani ketiga pimpinan perguruan tinggi, Senin (5/7). Penandatangan berlangsung dari tiga lokasi Medan (Sumatera Utara) Perlis (Malaysia) dan Surabaya (Jawa Timur).

Di Medan, penandatangan MoA dilakulan di Gedung Pascasarjana UMSU Jalan Denai oleh Wakil Rektor UMSU Dr. Akrim. Sementara dari Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya oleh Prof. Dr. Mulyanto Nugroho dan dari UniMAP oleh Deputi Vice Chancellor UniMAP Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd. Rizal Arshad dan Chairman FAB Enterpreses Dr. Capt. Fausta Barata.

Di Medan hadir Wakil Rektor I Dr. Muhammad Arifin, Wakil Rektor II Dr. Akrim dan Wakil Rektor III Dr. Rudianto dan pejabat dari beberapa Fakuktas dilingkungan UMSU.

Kerjasama yang akan dilakukan ketiga perguruan tinggi fokus di bidang pengajaran, riset, penelitian dan pengabdian.

Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto pada sambutanya mengatakan, dunia global telah memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi dan reality. Sehingga ketika pandemi Covid19 melanda maka dunia pendidikan harus masuk ke proses pembelajaran berbasis online. Demikian juga dengan dilakukannya pembatasan aktifitas sosial berlanjut dengan dilakukan pengubahan proses pembelajaran di kampus.

Kata Rudi, bila kampus hari ini kelihatan sunyi sesungguhnya tidak karena dosen mahasiswa sedang sibuk melakukan proses pendidikan secara virtual.

Kolaborasi Antar Universitas

Penandatanganan MoU yang dilakukan antar tiga perguruan tinggi serumpun itu untuk mendorong kolaborasi untuk pembelajaran online lintas batas. Tentu saja kolaborasi itu bukan saja karena situasi pandemi tapi sudah menjadi kebutuhan global.

Kerjasama lain, seperti penelitian dan pengbdian yang akan dilakukan diharapkan dapat memperkuat pertukaran budaya antar suku bangsa, khususnya Melayu.

Harapan yang sama disampaikan Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prof. Dr. Mulyanto Nugroho dan Vice Chancellor UniMAP Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd. Rizal Arshad. Keduanya mengapresiasi dilakukannya penandatanganan MoA antar tiga perguruan tinggi serumpun itu. (syaifulh/riz)

Exit mobile version