Tambah Guru Besar, Prof Elfrianto Energi Baru Pengembangan UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengukuhkan Prof. Dr. Elfrianto MPd sebagai guru besar Bidang Manajemen Pendidikan. Pengukuhan guru besar itu berlangsung di Kampus Pascasarjana, Jl. Denai Medan, Kamis (8/7).

Hadir pada pengukuhan itu, Kepala L2DIKTI Sumatera Utara Prof. Dr. Ibnu Hajar. Ketua BPH UMSU Dr. Bahril Datuk, WR I, II dan III, Rahmansyah Sibarani Wakil Ketua DPRD Sumut, Mantan Rektor UMSU Dr. Bahdin Nur Tanjung yyang juga Jetua APTISI Sumatera Utara dan Sivitas Akademika UMSU.

Pengukuhan Elfrianto sebagai guru besar tentu saja disambut sukacita dan rasa syukur. Karena penambahan guru besar di UMSU akan menguatkan status UMSU sebagai perguruan tinggi swasta terakreditas ‘A’ di Sumatera.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP menegaskan pengukuhan Prof. Dr. Elfrianto merupakah anugerah terbaik bagi UMSU. Rektor berharap, Elfrianto dapat memberikan sumbangsih terbaik terutama dalam pengembangan manajemen pendidikan ke depan.

Terkait dengan penambahan guru besar UMSU itu, Agussani menyebut sejalan dengan peta jalan yang sudah disusun. Diharapkan dalam waktu dekat akan menambah 5 guru besar lagi. Sementara jumlah jabatan Lektor Kepala dilingkungan UMSU ada sebanyak 52 orang dan jabatan Lektor ada 21 orang. Beberapa tahun ke depan UMSU akan memiliki cukup banyak guru besar.

Sementara itu, Kepala L2DIKTI Sumatera Utara Prof. Dr. Ibnu Hajar MSi menyampaikan apresiasi atas pengukuhan guru besar Prof. Dr. Elfrianto yang akan menguatkan posisi UMSU sebagai PTS terbaik.

Ibnu Hajar menegaskan bahwa program Merdeka Belajar diharapkan dapat menyiapkan sumberdaya yang unggul, inovatif, kreatif dan trans-displin ilmu. Hari ini, kata Ibnu Hajar dunia pendidikan dihadapkan dengan globalisasi, revolusi industri 4.0 dan digitalisasi.

Kembali diingatkan dibutuhkannya perhatian pada Golden Generation ( generasi emas) tahun 2045 yang unggul, inovatif dan kreatif. Untuk itulah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dapat mendidik mahasiswa dalam berbagai bidang kompetensi bahkan kuliah di kampus yant berbeda.

*Menuju Era Indonesia Emas*

Prof. Dr. Elfrianto MPd pada orasi ilmiahnya dengan judul “Peran Management Pendidikan dalam Prespektif Merdeka Belajar”. Kata Elfrianto penahan masyarakat terhadap ‘ merdeka belajar’ semakin baik. Diharapkan, kondisi itu mempercepat kebangkitan dunia pendidikan menuju ‘Indonesia Emas’. Artinya, masyarakat sudah memahami bahwa tanggungjawab dunia pendidikan tidak semata ada pada pemerintah tapi juga masyarakat secara luas.

Masih tentang Merdeka Belajar, ada tiga hal yang menjadi perhatian Elfrianto. Pertama, Merdeka kemauan yang bermakna berani menyuruh dan menganjurkan. Kedua, Merdeka pikiran atau bebas menyatakan pikiran dan Ketiga, Merdeka jiwa dan bebas dari ketakutan.

Elfrianto menyebut, pengukuhan dirinya sebagai guru diharapkan memperkuat UMSU sebagai perguruan tinggi yang unggul, cerdas dan terpercaya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pembina Harian UMSU Dr. Bahril Datuk menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas pengukuhan Elfrianto. Sebagai dosen muda yang sudah meraih jabatan akademik guru besar, BPH UMSU berharap dapat memberi energi besar bagi pengemvangan UMSU kedepan. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version