Pra Diklat dan SAR Memperkuat Triologi Kokam

MEDAN, Suara Muhammadiyah  – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara memperkuat triologi Kokam dalam bidang kemanusiaan, kebencanaan dan ekologi melalui pra-Diklat dan SAR. Pelatihan yang diikuti 50 peserta dari BPO Kokam Sumatera Utara berlangsung di Hotel Madani Medan, Sabtu (10/7).

Pra-Diklat dan SAR Kokam Sumatera Utara dengan tema  Kokam Pemuda Muhammadiyah sebagai Pejuang Kemanusiaan, Kebencanaan dan Ekologi dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ir. Ardan Noor MM/ Anggota DPRD dari Fraksi PAN Hendra Cipta, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara Drs. Mario Kasduri MA, Komandan Kokam Nasional Dr. Zainuddin , Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Amrizal MPd dan Komandan Kokam Sumatera Utara Muhammad Siddiq Gurning.

Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Amrizal MPd dalam menegaskan Pemuda Muhammadiyah akan terus melakukan penguatan terhadap triologi Kokam, yakni Kemanusiaan, Kebencanaan dan Ekologi. Triologi Kokam ini harus dipahami oleh semua anggota Kokam dan secara terus meningkatkan kompetensinya.

Triologi Kokam menjadi sangat penting karena tiga hal itu menjadi persoalan serius Indonesia. Banyaknya jumlah bencana yang terjadi dan tingginya ancaman yang kemudian kebencanaan itu memberi dampak pada persoalan kemanusiaan. Selain kedua hal itu, jelas Amrizal, persoalan ekologi adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan karena kerusakan lingkungan yang sudah semakin parah memberi pengaruh sangat pada kehidupan umat manusia.

Hal yang sama disampaikan oleh Komandan Kokam Nasional Dr. Zainuddin . Kata Zainuddin, melalui Pelatihan dan Pra-Diklat SAR itu diharapkan peran Pemuda Muhammadiyah semakin nyata dalam perkembangan peradaban umat Manusia.

Zainuddin memberikan apresiasi kepada PW Pemuda Muhammadiyah yang sudah menggagas penguatan triologi Kokam itu. Dengan Pelatihan dan Pra-Diklan dan SAR yang dilaksanakan Kokam di Sumatera Utara akan memiliki kompetensi yang semakin baik.

Apresiasi yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Drs. Mario Kasduri MA. Selain penguatan triologi Kokam maka persoakan akidah dan keimanan harus terus menjadi perhatian agar Kokam benar-benar menjadi kawah candradimuka bagi proses pengkaderan Muhammadiyah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, Ir. Ardan Noor MM memberikan ucapan selamat atas terlaksananya kegiaran Pelatihan dan Pra-Diklat dan SAR Kokam. Ardan berharap Pemuda Muhammadiyah tetap akan menjadi organisasi pemuda yang mengedepannya persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiaran Pra-Diklat dan SAR Kokam Sumatera Utara menjadi pemanasan untuk kegiatan Dikat dan SAR Lapangan yang akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Diklat dan SAR Kokam seperti yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya akan melibatkan institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sedangkan pada kegiatan pemanasan yang berlangsung satu hari di Hotel Madini menghadirkan beberapa narasumber seperti Sekretairs PW Muhammadiyah Sumut Drs. Irwan Syahputra MA dengan materi Ke-Tauhidan dan Kemuhammadiyahan. Kemudian Mantan Ketua PWPM Muhammad Basir Hasibuan dengan materi Leadership/Kepemimpinan Pemuda Muhamamdiyah, Komandan Kokam Nasional Dr. Zainuddin dengan materi Sejarah dan Visi Kemanusiaan, Kebencanaan dan Ekologi, dan Ketua PWPM Sumut Amrizal MPd dengan materi Profil Kader Kokam Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version