Kembangkan Budidaya Ikan, Dosen Faperta UMSU Terjun ke Medan Labuhan

UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengembangan budidaya ikan menjadi penting ditengah kondisi pandemi Covid19. Diharapkan dengan kemampuan yang lebih baik, hasil pembudidayaan ikan air tawar itu dapat memperbaiki kondisi ekonomi warga.

Beberapa dosen Fakultas Pertanian UMSU berusaha untuk meningkatkan kemampuan pengembangan budidaya ikan air tawar tadi di Kelurahan Besar, Medan Labuhan.

Kelurahan Besar merupakan salah satu kelurahan yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas di Kota Medan. Kelurahan ini memiliki potensi dibidang pertanian padi sawah dan perikanan.  Potensi inilah yang membuat tim dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Aflahun Fadhly Siregar, S.P., M.P., Dr. Ir. Alridiwirsah, M.M. dan Salsabila, S.P., M.P. melaksanakan pengabdian  dengan memberikan pelatihan dan pemahaman tentang budidaya ikan khususnya pembibitan.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan universitas swasta satu- satunya yang terakreditasi A di Sumatera Utara. Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UMSU berkomitmen setiap tahunnya memberikan peluang kepada seluruh dosen untuk mengikuti hibah internal yang dilakukan dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) UMSU.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan upaya UMSU untuk terus berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara dan agar kegiatan penelitian dan pengabdian nantinya memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan Kelurahan Besar, Medan Labuhan ini dirangkai dengan sosialisasi tentang bagaimana cara mendapatkan akses bantuan untuk budidaya ikan. Hal ini disampaikan oleh Nita Masitah, S.Pi. selaku Sekretaris DPD Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Sumatera Utara.
Porogram pengabdian tim dosen Fakultas Pertanian UMSU itu dihadiri oleh T. Roby, SIP, M.Si sekalu Lurah Kelurahan Besar, M. Fadly Abdina, M.Si selaku Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumatera Utara, para pengurus DPC PTI Kota Medan dan Dosen Fakultas Pertanian UMSU lainnya seperti Muhammad Alqamari, S.P., M.P, Rahmad Syukur Siregar, S.P., M.P. dan terkhusus para kelompok tani.

Ketua tim Pengabdian Fakultas Pertanian UMSU Aflahun Fadhly Siregar kepada media mengatakan,  budidaya ikan di Kota Medan bukan persoalan mudah. Mengingat karena keadaan lahan terbatas dan pengetahuan yang terbatas. Untuk, dilakukan pemanfaatan pekarangan rumah tangga untuk pembibitan ikan yang tidak memerlukan lahan luas menjadi solusi.

“Peserta cukup antusias dalam mengikuti tahapan kegiatan ini sampai dengan selesai dengan tetap mematuhi prokes yang berlaku. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, masyarakat dapat produktif dan tentunya dapat meningkatkan minat petani dalam melakukan budidaya pembibitan ikan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah” ujar Salsabila yang  merupakan salah satu anggota  tim dalam kegiatan pengabdian masyarakat. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version