Pagi di Hari Arafah yang Menggetarkan Jiwa

Memoar untuk Sang Mufassir yang bersahaja

Pagi di Hari Arafah yang Menggetarkan Jiwa

Memoar untuk Sang Mufassir yang bersahaja

Prof. Drs. Sa’ad Abdul Wahid. Mungkin terlalu jauh dari kata kredibel bagi saya untuk mengisahkan sosok beliau, tapi setidaknya, inilah sebersit kenangan pribadi saya terhadap Mbah Sangad, begitulah beliau masyhur dipanggil dilingkungan alumni MWI Kebarongan.

Pertama kali saya mendengar kisah tentang beliau dari para Ustadz di pondok kami. Mbah Sangad adalah sesepuh, senior dan Kyai yang melegenda di pondok. Salah satu kisahnya kami dengar secara langsung dari Ust. KH. Badruddin, guru bahasa arab kami kala itu, ketika kami sowan kerumah  beliau, beliau berkisah, “Pak  Sa’ad itu satu angkatan dengan saya, dia santri yang sangat pintar, kesayangan Kyai Ashif (KH. Ashifuddin Zawawi, Mudir dan cucu pendiri Pondok MWI Kebarongan). Belakangan, kami  konfirmasi penuturan Ustadz Badruddin kepada ustadz Sa’ad (panggilan kami pribadi  kepada beliau), dengan tawanya yang  khas, beliau menjawab, “hehehe, iya betul (satu angkatan dengan Ustadz Badruddin) tapi dialah santri yang paling pintar”.

Qadarallah wa Alhamdulillah, Allah tidak hanya mengizinkan saya mendengar kisah beliau saja. Maha Pemurahnya Allah, kami diizinkan sedikit menimba ilmu dari Sang mufassir yang sangat bersahaja ini. Yaitu ketika kami nyantri di PUTM (Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah) di lereng gunung Merapi medio 2010-2013.

Kala itu, beliau menjadi Mudir. Beliau jugalah yang menjadi penguji baca al-Qur’an kami ketika pertama kali kami menginjakkan kaki di sana. Beliau mengampu beberapa mata kuliah kitab tafsir kepada kami, menyesal rasanya ketika itu saya pribadi tidak sungguh-sungguh ber-azzam menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari beliau, namun setidaknya, sibghah beliau melekat erat di sanubari kami murid-murid PUTM kala itu, dari kesahajaan, keramahan, kelembutan dan keteladanan beliau. Sedikit ilmu yang beliau tuturkan  kepada  kami adalah kisah-kisah masa perjuangan beliau mengajar di berbagai tempat.

Pernah suatu ketika beliau diprotes oleh seseorang sebab beliau terlalu rajin menyambangi para murid untuk mengajar, “Pak Sa’ad! yang  namanya guru  itu ya didatangi murid, bukan guru yang mendatangi murid, sesuai dengan peribahasa “Timba marani sumur  (Ember timba mendatangi Sumur – untuk menimba  air)” dengan lembut dan jenaka beliau menjawab, ”Hehe,  itu kalau airnya mentah,  kalau  air mateng ya peribahasanya “Ceret marani gelas (ceret mendatangi gelas – untuk menuangkan air)”.

Disela-sela kuliah tafsir dan ilmu tafsir yang beliau ampu, dengan penjelasan yang gamblang, syarat dengan muatan ilmu, tidak jarang pembahasan beliau merambah kepada disiplin keilmuan lain semisal Ilmu Nahwu. Dari sana betul terkonfirmasi bahwa alumni-alumni MWI Kebarongan generasi awal memang mumpuni di bidang ilmu Nahwu, karena menurut sejarah, Pondok MWI Kebarongan memang terkenal dengan pembelajaran ilmu nahwu yang mendalam. Meskipun  tetap  yang paling menonjol dari  beliau adalah keilmuan di bidang Tafsir dan Ilmu Tafsir.

Sependek pengembaraan ilmu saya yang sangat minim, betapa beruntungnya saya sempat menimba ilmu dari beliau, ahli tafsir yang memiliki karya tafsir tersendiri, Tafsir al-Hidayah namanya, saya pribadi tidak menyangka akan  mendapatkan fafsir itu langsung dari beliau, gratis, betapa bahagia saat itu, sebab salah satu kebahagiaan terbesar dari seorang santri adalah mendapat kitab gratis hehehe. Kitab Tafsir karangan beliau berjumlah dua jilid, tafsir al-Qur’an berbahasa Indonesia yang ringkas, dengan bahasa yang mudah diterima dan dipahami semua kalangan, namun tetap mendalam dan luas pembahasannya.

Ustadz Sa’ad adalah contoh nyata ulama langitan yang membumi. Langitan dari segi ilmunya, membumi kepribadiannya. Seringkali ketika berjumpa, tanpa ragu beliau membuka percakapan terlebih dahulu, dengan logat ngapak yang sangat kental beliau berkata, “Kepriwe kabare? Keluarga nang umah sehat kabeh ya?” (Bagaimana kabarnya? Keluarga dirumah sehat semua ya?).

Beliau juga sosok pejuang dakwah yang begitu militan. Ketika kami, alumni pondok berencana mengadakan acara, kami sangat berkeinginan mengundang beliau sebagai pemateri sekaligus memberi wejangan, awalnya saya pesimis apakah beliau bersedia menerima undangan kami, di tengah-tengah kesibukan beliau kala itu. Namun ketika kami sowan ke rumah beliau untuk menyampaikan maskud tujuan tersebut, betapa beruntungnya kami karena beliau dengan senang hati dan semangat menyanggupinya meski fisik beliau kala itu sudah tidak muda lagi bahkan tergolong sepuh.

Sudah lama sekali kami tidak sowan lagi ke kediaman beliau. Pandemi ini memaksa kami menahan kerinduan kepada beliau. Pikir kami, beliau adalah sesepuh yang harus kami lindungi dari jahatnya pandemi, maka sebesar kerinduan kami kepada beliau sebesar itu pula kekhawatiran kami untuk mengunjungi beliau.

Pagi ini, selepas santap sahur di hari Arafah yang mulia, saya sangat tepukul, berduka yang begitu mendalam. Melalui grup-grup whatsapp saya mendengar kabar beliau telah berpulang, menghadap  Sang Maha Pemberi hidup dan Maha Pemberi Ajal, Allah SWT. Berbekal sedikit keberanian, saya mengontak putra beliau yang kebetulan menjadi kolega di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Ustadz Habibi Ristian, “Ustadz, menawi angsal mangertos, Ustadz Sa’ad gerah nopo njih?” (ustadz, kalau bioleh tau, Ustadz Sa’ad sakit apa?), Ustadz Habibi menjawab, sejak sore kemarin, beliau nggregesi (demam) namun karena tidak gawat, juga sepersetujuan beliau, kami merawat beliau di rumah, selama sakit itu beliau terus berdzikir tanpa henti, Qadarallah, mungkin sudah saatnya beliau menghadap Allah SWT, beliau sempat di test Swab dan hasilnya negatif Covid-19”.

Kali ini Allah SWT betul-betul sedang mencabut ilmu dari tengah-tengah ummat Islam di bumi Yogyakarta. Sejak pandemi melanda, tidak sedikit tokoh dan ulama yang wafat. Lantas kami murid-murid beliau yang terlampau malas dan bodoh untuk mengikuti jejak-jejak beliau, hanya mampu  menyesal dan bertanya, “Siapa gerangan pengganti beliau di masa yang akan datang?”.

Selamat jalan Sang Musfassir yang melegenda. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di kuburmu, menjadikannya halaman dari taman-taman surga-Nya yang dijaga oleh Malaikat-Malaikat yang lembut dan penuh kasih sayang, itulah tempat kembali yang pantas engkau dapatkan.

Aulia Abdan Idza Shalla

Exit mobile version