Lazismu Kalteng Pemerataan Pembagian Kurban 

Lazismu

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah – Hari Raya Idul Adha 1442 H, Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kalimantan Tengah dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) melakukan kolaborasi kemitraan melalui Program Kemaslahatan, Rabu (22/7/2021). Lazismu Kalimantan Tengah menerima 2 ekor sapi dari BPKH untuk disalurkan kepada masyarakat di sekitar Kota Palangka Raya.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Drs. H. M. Anshari Sapri, selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kalimantan Tengah bahwa ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPKH yang telah berperan membantu ketahanan pangan masyarakat di Kota Palangka Raya.

“Alhamdulillah, melalui Program Kemaslahatan bersama BPKH, kami menerima 2 ekor sapi untuk disebar kepada masyarakat di sekitar Kota Palangka Raya, semoga daging kurban ini membantu ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi, terimakasih BPKH semoga tahun depan dapat tetap berkolaborasi kembali,” ungkapnya.

Mengikuti Surat Edaran Menteri Agama No 16 Tahun 2021 agar tidak melakukan pemotongan hewan pada 10 Dzulhijjah, maka pemotongan hewan kurban dilaksanakan secara terorganisir pada hari tasyrik (12 Zulhijah/22 Juli) dan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lazismu Kalimantan Tengah, Kurniawan, S.Pd menyampaikan bahwa pelaksanakan pemotongan hewan kurban sangat memperhatikan protokol kesehatan.

“Akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 di Kota Palangka Raya melonjak, dengan demikian pemotongan dan pendistribusian daging kurban dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Selaku Penanggung Jawab kegiatan tersebut, Andi Widodo memaparkan bahwa pembagian daging kurban dikemas dengan sebaik mungkin dan disalurkan kepada penerima manfaat.
“Daging kurban dikemas dalam toples ukuran 1 Kg, 300 paket lebih kami berikan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat di sekitar Kota Palangka Raya, untuk meminimalisir kontak kami disitribusikan langsung ke rumah-rumah mereka, semoga bermanfaat dan berkah,” ujarnya.

Tusim, salah satu penerima manfaat dan juga mitra Lazismu Kalimantan Tengah mengucapkan terimakasih atas daging kurban yang diterimanya.

“Alhamdulillah, saya selaku masyarakat Kota Palangka Raya sangat merasakan kehadiran Lazismu Kalteng di sini, terimakasih Lazismu dan terimakasih juga BPKH, semoga Allah membalas dengan kebaikan lagi,” tuturnya.

Pemberian bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan Nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan.

Distribusi Progam Kemaslahatan BPKH mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan dan dakwah serta sosial keagamaan yang disalurkan secara langsung dan tidak langsung yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel. (Aris Pratama G)

Exit mobile version