Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan Robot Berbasis Artificial Intelligent

Tim Pengabdian LP3M UMY Memperkenalkan Pemrograman Robot AI Artibo Untuk SMK Muhammadiyah 3 Wates

Robot

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di SMK Muhammadiyah 3 Wates Khususnya Prodi Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia.

Tim Pengabdian teridiri atas dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi. Fokus dari pengabdian ini adalah memperkenalkan materi pelajaran baru tentang robotika dan artificial intelligent.

“Kami bersama para guru sepakat terus meningkatkan mutu pendidikan melalui pembelajaran yang berbasis teknologi,” demikian kata Dr. Dwijoko Purbohadi selaku ketua tim pengabdian.

Para guru di Prodi Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia SMK Muhammadiyah Wates sangat antusias mengikuti program ini, terutama para guru yang mengajar Pemrograman. Materi yang diperkenalkan adalah Dasar Pemrograman Robot AI Artibo, yaitu sebuah robot cerdas yang berasal dari Korea selatan. Robot ini dirancang khusus untuk pendidikan dan telah digunakan lebih dari 50 negara.

Salah satu guru, Supriyadi, S.Kom mengemukakan bahwa materi pemrogram robot sangat penting bagi siswa, antara lain seperti speech recognition, sensor and motion, image recognition, dialog, voice command, dll. Materi pelajaran ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk beradaptasi dengan kemajuan pesat di kawasan Kulon Progro.

Seperti diketahui, SMK Muhammadiyah 3 terletak dalam kawasan Aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Lebih lanjut dikatakan “Kami akan mempersiapkan lulusan kami sehingga dicari oleh industri dan bisnis di kawasan arotropolis, salah satunya dengan mengajarkan dasar-dasar pemrograman robot cerdas ini”.

Program Studi Teknologi Informasi UMY sepakat dengan SMK Muhammadiyah 3 Wates khususnya Prodi Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia untuk terus mengembangkan model-model pembelajaran berbasis teknololgi informasi yang inovatif. Kami sangat optimis bahwa dalam waktu dekat mampu menyediakan materi bermutu dan model pembelajaran yang lebih menarik, efektif, dan efisien sehingga dapat menghasilkan mutu lulusan memenuhi kebutuhan industri modern di kawasan Aerotropolis, Insya Allah. (Supriyadi/Riz)

Exit mobile version