Miliki Prospek Luas, Ini Dia Keunggulan Prodi Akuakultur UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuka Program Studi Akuakultur pada tahun ajaran 2021/2022.

Prodi Akuakultur merupakan prodi yang mengembangkan ilmu tentang perikanan.

Keunggulan Prodi Akuakultur UMP adalah mengembangkan rekayasa sistem akuakultur berbasis artificial intelligence (AI). Jadi semua aktivitas budidaya nanti terintegrasi dengan sistem informasi sehingga semua terkontrol.

Selain itu Prodi Akuakultur UMP juga mengembangkan sistem bioflok (bioflucculation), yakni metode budidaya ikan dengan memanfaatkan mikroorganisme yang dapat menetralisir limbah yang dihasilkan aktivitas budidaya.

Budidaya ikan dengan sistem bioflok sangat menguntungkan karena pertumbuhan ikan relatif cepat.

Bioflok selain bisa digunakan sebagai pakan alami juga bisa mereduksi bahan pencemar di dalam air. Sehingga kesehatan ikan semakin baik, pertumbuhan ikan semakin cepat karena ikan-ikan itu terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini Prodi Akuakultur di Fakultas Pertanian dan Perikanan UMP membuka satu kelas dengan kapasitas 40 orang mahasiswa.

Terkait jenjang karir bagi lulusan Prodi Akuakultur, peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah luas. Dia menyebut ada banyak bidang pekerjaan yang dapat ditekuni oleh lulusan Prodi Akuakultur baik di perusahaan swasta, instansi pemerintah maupun menjadi enterpreneur.

Banyak peluang untuk mengembangkan usaha terutama di sektor perikanan. Seperti diketahui tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terus meningkat. Konsumsi ikan sudah mencapai 56 kilogram per kapita tiap tahun, meningkat sangat tajam dibanding tahun 2011 yang hanya 36 kilogram per kapita per tahun.

Dengan asumsi tingkat konsumsi saat ini, tiap tahun dibutuhkan sekitar 13 juta ton produk ikan per tahun. Itu sebagian besar dipenuhi dari aktivitas budidaya perikanan, ini kan peluang bagi lulusan Akuakultur. (Riz)

Exit mobile version