Giat Pandu HW Ponpes Al-Mizan Lamongan

HW

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qobilah Buya AR. Sutan Mansyur Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Al Mizan Muhammadiyah Lamongan, mengadakan acara pembukaan Ekstrakurikuler Hizbul wathan yang bertempat di lapangan Al Mizan putra pada hari Jum’at,(13/8/2021) siang hari.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan itu salah satu organisasi otonom yang ada di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah

HW adalah kepanduan islami, dan pendidikan kepanduan yang dilakukan oleh HW itu, untuk menanamkan aqidah Islam dan membentuk peserta didik berakhlak mulia, dan beredoman pada Alqur’an dan Assunah

Adapun sasaran yang dituju Hizbul Wathan adalah Pendidikan anak, remaja dan pemuda.

Di Panti Asuhan dan Pondok pesantren Al Mizan, kepanduan Hizbul Wathan merupakan salah satu Ekstrakurikuler wajib, yang bertujuan untuk membentuk karakter anak yang berjiwa militan.

Seluruh santri Al Mizan di tuntut untuk bisa kepanduan Hizbul Wathan, karena salah satu persyaratan lulus dari Al Mizan harus mengikuti Praktik Dakwah Lapangan, yang langsung terjun di masyarakat.

Dan salah satu ilmu yang dijadikan bekal dan yang akan diberikan di masyarakat adalah Ilmu kepanduan Hizbul Wathan.

Dalam sambutanya, pembina HW Al Mizan , Kakanda Qosimul Ghozy mengatakan, selamat datang kepada santri baru di kepanduan Hizbul Wathan ponpes Almizan Muhammadiyah Lamongan.

Hizbul Wathan merupakan salah satu Ortom Muhammadiyah yang aktif sejak tahun berdirinya 1918 hingga saat ini. Untuk mencetak kader Muhammadiyah yang unggul di kanca nasional.Contohnya jendral Soedirman dan Soeharto, itu merupakan kader Hizbul Wathan yang sukses menjadi teladan di Indonesia.

Menjadi Kader Hizbul Wathan itu harus militan, artinya kader yang semangat untuk menghidupkan Muhammadiyah, seperti pesan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan yaitu hidup-hidupilah Muhammadiyah dan jangan mencari hidup di Muhammadiyah, itu pesan KH. Ahmad Dahlan kepada Hizbul Wathan, agar jangan sampai di Ortom hanya semena-mena untuk mencari keuntungan pribadi. Tuturnya

Sambungnya, Hizbul Wathan Al Mizan sampai saat ini sangat eksis di kanca daerah, Wilayah, sampai pusat, terbukti kemarin sebelum Corona melanda, HW Al Mizan menjuari dan berhasil mewakili Wilayah Jawa Timur untuk mengikuti LPB (Lomba Pengenal Berprestasi) tingkat Nasional yang diwikili pandu pengenal putri Al Mizan dan mampu mengalahkan kwartir-kwartir wilayah yang ada di seluruh Indonesia. Ujar Kakanda Qosimul Ghozy

Begitu juga Ramandha Yusuf, pembina HW Al Mizan mengucapkan, Selamat datang bagi anggota yang baru bergabung di Qobilah Buya AR. sutan mansyur, tetap semangat dan istiqomah dalam melakukan kegiatan HW, walau di masa pandemi Covid-19 kegiatan kita dibatasi.

karena kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan tahun ajaran baru ini, di mulai di bulan Agustus, maka adek-adek harus semangat menggelora seperti para pahlawan kemerdekaan.

Harapanya, setelah nanti lulus dari berbagai SKT adek-adek harus bisa memberi manfaat kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari.

Tetap semangat dan jangan lupa mengamalkan Ilmu yang kita dapatkan di Kepanduan Hizbul Wathan. (Alfain Jalaluddin Ramadlan)

Exit mobile version