Kontribusi Inovasi Pembelajaran Ciptakan Pendidikan Berkemajuan

Kontribusi Inovasi Pembelajaran Ciptakan Pendidikan Berkemajuan

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program pasca sarjana UMP mengadakan diskusi akademik secara daring pada Sabtu 21 Agustus 2021 bertajuk “Produk Inovasi Pembelajaran” yang di hadiri Dr. Furqanul Aziez, M.Pd, Catur Andiyanto, M.Pd., Nia Yuningsih, M,Pd, dan Santhy Hawanthy, Ph,d.

Dalam sambutannya Direktur Program Pascasarjana UMP Dr. Furqanul Aziez, M.Pd menyampaikan pembelajaran di masa pandemi haruslah memberikan pembelajaran yang efektif dan mudah di mengerti baik siswa dan guru.

”Sebagai mana kita ketahui bahwa media pengajaran di masa pandemi ini betul-betul menemukan momentumnya bahwa media ini dibutuhkan memang sebelumnya juga dibutuhkan,” ungkapnya.

Menurut Furqanul ada 3 fungsi pembelajaran, yang pertama adalah membantu guru selama pembelajaran yang membutuhkan media yang efektif, yang kedua menggantikan sebagian pekerjaan guru jadi sebagian kerjaan guru itu bisa diambil alih oleh media, yang ketiga menggantikan seluruh pekerjaan guru hal itu tersebutkan merupakan yang wajar karena bisa juga sebuah media bisa menggantikan pekerjaan guru.

“Dengan demikian maka bisa kita katakan dimasa pandemi ini dapat momentum nya. Kkta rasakan betul2 pentingnya penguasaan media ini oleh karena itulah saya kira mudah”an diskusi ini bisa bermanfaat dan lebih dirasakan manfaat nya,” jelasnya

Keua, lanjut Furqanul menghimbau dalam diskusi ini pertama-tama harus benar-benar membantu siswa di dalam memahami materi pembelajaran sebuah media yang di kembangkan harus lah memenuhi prinsip peinsip yang dapat membantu siswa memahami materi ajar. Yang kedua media ini harus di rancang sesuai tujuan pembelajaran.

Kemudian yang ketiga media harus dekat dengan materi, yang ke empat media harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Yang kelima media harus memperhatikan efektifitas dan efisiensi dan yang terakhir ini yang paling penting media harus mudah digunakan guru. Jangan sampai sebuah media memper sulit kegiatan pembelajaran.

Lanjut Santhy Hawanthy, Ph,d. Yang bertindak sebagai moderator diskusi menyimpulkan meteri diskusi. Pembelajaran di haruskan dinamis kreatif dan efektif guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan sehingga media dan pengembangan nya berdasarkan kebutuhan siswa dan kemampuan guru.

Salah satu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan adalah dengan mengkombinasikan antara pemanfaatan media dan pengembangan nya yang harus dilakukan oleh guru berdasarkan kebutuhan siswa dan kemampuan guru. Apapun media nya apapun teknologi nya selama tidak di kembangkan dengan baik dan disesuaikan dengan keadaan siswa dan guru maka tidak pernah terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi media pembelajran salah satu tujuan nya adalah untuk menjadikan proses pembelajran jadi lebih menyenangkan efektif dan bisa membantu siswa untuk memahami maateri lebih baik. Pengembangan modul maupun pengembangan e modul maupun pengembangan bahan ajar oleh pemateri adalah wujud dari kontribusi guru yang peduli terhadap pengembangan dirinya dan peduli terhadap kualitas pembelajran yang ada di indonesia umum nya dan sekolah khususnya. (Adt)

Exit mobile version