Transformasi Belajar di Era Pandemi

TIM P3D HMPS Bahasa dan Sastra Indonesia UAD YOGYAKARTA hadirkan video tutorial edukasi melukis untuk anak-anak

Transformasi Belajar di Era Pandemi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Himpunan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta adakan pembuatan Video tutorial Edukasi melukis di era pandemi.

Sejak adanya Covid-19 (Corona Virus Deseas-19)  Maret 2020 lalu, sebagai sebuah virus yang membahayakan,  seluruh aktivitas luar jaringan beralih menjadi dalam jaringan (daring). Setelah di tetapkanya Peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) banyak sektor yang menghentikan seluruh aktivitasnya termasuk pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Akhir (SMA), Perguruan Tinggi hingga Taman Pendidikan Kanak-kanak (TK). Tentu kondisi demikian memicu banyak persoalan seperti terkendalanya media belajar, sumber belajar,orang tau yang menggantikan posisi bapak/ibu guru di sekolah, dan hadirnya kejenuhan yang berkepanjangan.

Melalui Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) Tim dari HMPS PBSI lakukan transformasi belajar dengan sasaran anak-anak. Anak-anak tentu merasa jenuh sebab pembelajaran selama ini dilakukan melalui ruang virtual. Anak-anak yang biasanya dapat melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata seperti halnya taman terbuka, kolam renang, dan  kebun binatang (Zoo) di situasi pandemic Covid-19 sangat di batasi.

Melihat kondisi demikian, menghadirkan media edukasi yang menarik dan menyenangkan menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran daring. Zoo yang identik dengan berbagai hewan dan pepohonan besar, menjadi tempat yang di rindukan anak-anak. Melalui chanel Youtube HMPS PBSI Tim P3D luncurkan video edukasi melukis di era pandemi

Melukis menjadi kegiatan yang sangat di gemari anak-anak hal tersebut terlihat melalui kegemaran anak yang suka bermain dan memadukan warna. Oleh karena itu TIM P3D memaksimalkan keadaan ini menjadi kegiatan positif yang dapat menedukasi masyarakat secara luas.

Kegiatan tersebut diadakan oleh tim Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) yang di ketuai oleh Atik Widyaningrum (Mahasiswa PBSI 2019).

Pembuatan video Tutorial Edukasi Melukis bertemakan kebun binatang yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat cinta makhluk hidup termasuk lingkungan terutama di era pandemi saat ini.

Kegiatan pembuatan video tutorial edukasi melukis ini dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2021 di Sentra Kuliner Gilangharjo, Bantul, Yogyakarta.

Riswanda Himawan, S. Pd yang diamanahi sebagai Support System dan pendamping lapangan mendukung penuh kegiatan pembuatan video tutorial melukis karena ini sangat bermanfaat bagi anak-anak khusunya yang saat ini sedang PPKM. Riswanda Himawan S.Pd juga menuturkan Youtube saat ini menjadi totonan kapan dan dimana saja. Oleh demikian itu anak-anak juga dapat memaksimalkan Youtube menjadi media belajar dan mengembangkan diri dengan tetap di awasi oleh orang tua. (Khoniatur Rohmah)

Exit mobile version