Polda dan UMSU Percepat Herd-Immunity

Polda dan UMSU Percepat Herd-Immunity

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didampingi  Rektor UMSU Prof. Agussani MAP, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Wakil Rektor II Dr. Akrim dan Wakil Rektor III Dr. Rudianto meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa di Kampus Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Selasa (5/10/21).

Kunjungan pada tengah hari itu diakukan untuk melihat kesiapan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan Polda dan UMSU yang melibatkan lima tim  tenaga kesehatan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengajak beberapa  mahasiswa peserta vaksinasi dan memberikan beberapa pesan penting, walau sudah melakukan vaksinasi, untuk  tetap menjaga proses, seperti tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangah dan tetap menaga jarak.

Selanjutnya, Kapolda mengajak seluruh masyarakat yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 segera mendaftar untuk menerima vaksin. “Ajak keluarga yang masih belum divaksin untuk segera divaksin,” ujar Kapolda.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 3000 dosis vaksin sinovak dari Polda Sumatera Utara disuntikan kepada para mahasiswa dan vaksinator sebanyak 5 tim. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dapat mempercepat kekebalan herd immunity.

Herd-Immunity Warga Kota Medan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali menggelar kegiatan vaksinasi untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Kali ini UMSU menggelar vaksin selama dua hari berturut-turut. Selasa (5/10) vaksinasi diakukan bekerjasama dengan Polda Sumatera Utara sedangkan pada Rabu (6/10) kerjasama dengan Kodam I/BB. Pelaksanaan dua hari vaksinasi ini berlangsung di Kampus Pascasarjana, Jln Denai, Medan.

Untuk mendorong percepatan vaksinasi kepada masyarakat UMSU telah melakukan beberapa kali vaksinasi, seperti untuk Pimpinan dan Tokoh Muhammadiyah, kemudian tokooh lintas agama, dan kini vaksinasi untuk mahasiswa dan masyarakat umum.

Pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Sumatera Utara (RSUMSU) di Jalan Mandala By Pass Medan, Vaksinasi di rumah sakit ini dilakukan untuk tekdik, nakes dan juga masyarakat umum.

Diharapkan dengan semakin banyaknya proses vaksinasi dilakukan akan membentuk herd-immunity masyarakat dalam menghadapi wabah Covid19. Vaksinasi juga sebagai proses persiapan untuk dilakukannya perkuliahan tatap muka.

Saat ini Kota Medan masih berada di level-3 atau Oranye sedangkan 32 kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Utara sudah berada di level-2 atau Kuning.

Vaksinasi yang berlangsung Selasa (5/10) ditargetkan menyertakan sekitar 3000 peserta yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum. Proses berjalan sejak pagi dengan melibatkan puluhan tenaga kesehatan dari RSU Muhammadiyah dan tenaga kesehatan dari RS Bhayangkara.  Sampai menjelang dzuhur peserta vaksinasi sudah hampir 1.200 peserta kemudian kegiatan vaksin dilanjutkan setelah istirahat dan sholat dzuhur.

Apresiasi Vaksinasi UMSU

Salah satu jurnalis media lokal Diurnanta Qelana Putra yang menjadi salah seorang peserta vaksinasi memujikan proses vaksinasi yang dilakukan Poldasu – UMSU itu. Kata Diur, selain proses yang cepat, tetap menjadi proses juga ditangani tenaga kesehatan yang cukup profesional.

Diurnanta berharap dengan semakin cepat dan meratanya vaksinasi di Kota Medan dapat mempercepat terbentuknya herd-immunity warga kota Medan dalam menghadapi pandemi. Alhamdulillah, PPKM di Medan sudah berada pada level-3 dan diharapkan segera masuk ke level-2. ” Tapi warga harus tetap menjaga prokes agar kekuatiran terjadinya covid19 gelombang ketiga tidak sampai terjadi,” sebut jurnalis yang pernah menjadi redaktur pelaksana di Harian Medan Bisnis itu.

Beberapa orang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang ikuti meramaikan program vaksinasi di Kampus Pascasarjana UMSU itu memberikan apresiasi atas pelaksanaan vaksin yang demikian baik. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version