P3D PTM se-Indonesia, UAD Raih Juara Favorit Bidang Pengabdian

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) berkesempatan mengikuti KMM dan PKMM Perguruan Tinggi Muhammadiyah se- Indonesia yang diselenggarakan pada 1 Oktober hingga 27 Oktober 2021. KMM dan PKMM berlangsung secara daring.

Cabang lomba ini terdiri atas berbagai jenis cabang lomba yaitu KMM (Pengembangan aplikasi perangkat lunak, pemrograman, rumah minimalis rumah lingkungan dan tahan terhadap gempa, mesin UMKM tepat guna, dan smart home loT Hackathon) dan PKMM (PKM-K & PKM-KC, PKM-M& PKM-T, dan PKMP).

Sejak 1 Oktober TIM P3D telah mempersiapkan perlombaan mulai dari administrasi, poster, hingga presentasi. Tim yang diwakili oleh Melinda Puspitasari sebagai ketua tim dan 2 anggota yaitu Atik Widyaningrum dan Khoniatur Rohmah yang didampingi oleh dosen pembimbing Iis Suwartini, M.Pd.

TIM P3D mengikuti cabang perlombaan PKMM dibidang pengabdian masyaraka. Judul yang diangkat sangat menarik yaitu Pengembangan Desa Budaya Gilangharjo Menuju Eduwisata Heritage Kerajaan Mataram yang dilakukan di Desa Gilangharjo, pandak, Bantul, Yogyakarta. Pengabdian TIM P3D fokus dalam 3 aspek yaitu Pendidikan, sejarah, seni dan budaya.

Salah satu pengembangan yang dilakukan ialah pembuatan taman literasi yang ditunjukan untuk mendukung gerakan literasi nasional. Beragam aktifitas juga dilakukan sebagai bentuk fasilitas taman literasi seperti pembuatan buku sejarah, ensiklopedia, membuka open donasi buku, dan bekerja sama dengan balai bahasa guna menyediakan buku-buku yang menarik untuk dibaca oleh anak-anak. TIM P3D menyediakan beragam kegaiatan seperti melukis dan menari, anak-anak yang ingin melukis dapat juga menikmati pelatihan melukis sehingga hasil lukisanya dapat dibawa pulang.

Bukan hanya mendirikan taman literasi, TIM P3D  merevitalisasi permainan tradisional sehingga anak-anak yang berkunjung untuk belajar juga dapat belajar permainan tradisional dan melestarikanya. Kegiatan yang menarik dan memiliki luaran yang sangat banyak berhasil mengantarkan TIM P3D menyabet juara favorit kategori PKMM.

Tentu menjadi sebuah kebanggan bagi seluruh TIM. Berkat dukungan dan dorongan anggota TIM dan dosen pembimbing TIM P3D UAD semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. UAD juga berhasil membawa pulang juara umum dengan perolehan 3 emas dan 1 perak. (KR)

Exit mobile version