Hari Kesehatan Nasional, Nama ‘Amri Tambunan’ Diresmikan Menjadi Nama RSUD Deli Serdang

RSUD

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Jasa dan Peran Drs. Amri Tambunan sebagai bupati dua periode di Kabupaten Deli Serdang sulit untuk dilupakan. Jasanya dalam membangun kabupaten yang berbatasan dengan Kota Medan, Karo, Binjai, Langkat dan Serdang Bedagai, dikenang dengan menabalkan namanya menjadi nama  RSUD Deli Serdang menjadi RSUD Drs. Amri Tambunan.

Penabalan nama itu berlangsung pada rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang berlangsung di halaman RSU Amri Tambunan, Jumat pagi (12/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, mantan Wakil Bupati Deliserdang 2 priode H Zainuddin Mars,  Sultan Serdang Drs.Tengku Ahmad Tala’a, anggota DPRD Sumut Hj.Anita Lubis yang juga istri Almarhum Drs H Amri Tambunan, Rektor UMSU Prof Dr Agussani,MAP, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Forkopimda.

Dukungan RSUD Amri Tambunan untuk UMSU

Peringatan HKN ke-57 diawali Pidato Sambutan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP yang memberi apresiasi atas penabalan nama Drs. Amri Tambunan. Kata Agussani, Amri Tambunan adalah tokoh pembangunan yang mampu mengangkat Deli Serdang menjadi kabupaten yang maju dan berkembang.’

Terkait dengan RSUD Amri Tambunan (sebelumnya RSUD Deli Serdang) menjadi bagian terkait dengan perkembangan Fakultas Kedokteran UMSU. Hampir 500 alumni FK UMSU telah melakukan co-assisten di rumah sakit daerah itu. Kerjasama yang demikian baik antara pemerintah daerah, direktur rumah sakit telah menjadikan hubungan FK-UMSU dan RSUD Amri Tambunan sulit untuk dipisahkan.

Agussani pada kesempatan itu menjelaskan, UMSU memberi perhatian terhadap penyediaan fasilitas asrama untuk mahasiswa kedokteran yang sedang melakukan proses belajar ( co-ass ) di rumah sakit. Tentu saja banyak kerjasama yang dilakukan antar instirusi pendidikan dan institusi kesehatan itu.

RSUD Amri Tambunan kini menjadi Rumah Sakit Pendidikan dengan akreditasi Paripurna.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57 Tahun 2021 ini merupakan usia yang bukan singkat. Dalam kurun waktu itu telah banyak pencapaian pembangunan kesehatan secara nasional yang sudah diraih termasuk secara khusus di Kabupaten Deliserdang.

Namun saat ini dan kedepannya, masih banyak kendala dan tantangan yang dihadapi bersama sehingga dibutuhkan kolaborasi dan kemampuan profesional dengan dilandasi moral yang harus terus dijaga terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

Dikatakannya, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57 Tahun 2021 merupakan momentum untuk bersyukur karena telah berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19. Kesemuanya ini menjadi bukti kerja keras seluruh tenaga kesehatan didukung oleh berbagai elemen terutama TNI-Polri yang tanpa kenal lelah berjuang menangani Covid-19 di daerah ini

Peningkatan Layanan Kesehatan

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan menyebut pemerintah terus memberikan perhatian pada persoalan layanan kesehatan masyarakat itu. Kini, Pemkab Deli Serdang telah membangun  Rumah Sakit Umum Daerah yang baru yakni RSU Pancurbatu dan RSU Bangun Purba. Selain itu, Pemerintah juga telah memiliki 34 Puskesmas 27 diantaranya berstatus Rawat Inap, 106 Puskesmas Pembantu bahkan 19 Puskesmas Deliserdang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan pemerintah terus berupaya agar di Tahun 2022 mendatang semua Puskesmas di Deliserdang sudah berstatus BLUD, jelas Ashari Tambunan.

“Apa yang telah dicapai Deliserdang tidak terlepas dari upaya yang telah dilakukan pendahulu terutama Almarhum Drs H Amri Tambunan. Dan dalam rangka kegiatan HKN ini akan diresmikan nama RSUD Deliserdang menjadi RSUD Drs H Amri Tambunan. Hal ini diawali banyaknya dukungan dari ormas, ormas keagamaan, tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat yang kemudian diikuti dukungan DPRD Deliserdang”ujar Bupati.

Dukungan Sultan Serdang

Sultan Serdang Drs Tengku Ahmad Tala’a dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57 merupakan tahun ke dua peringatan Hari Kesehatan Nasional masa pandemi Covid-19 yang mempengaruhi segala sektor kehidupan masyarakat khususnya kesehatan.

Menurutnya, perubahan yang terjadi tersebut sangat diperlukan peran dokter dan perawat karena mereka inilah yang langsung berinteraksi di garis depan dengan masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

“Hari ini saya sangat berbangga hati dapat hadir di tengah-tengah pahlawan Covid-19 yakni tenaga medis yang ada disini. Atas nama Pimpinan DPRD Deliserdang kami menghaturkan ribuan terimakasih dan bangga kepada seluruh tenaga medis yang begitu gencar melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat Deliserdang”kata Wakil Ketua DPRD Deliserdang ini.

Terkait perubahan nama RSUD Deliserdang menjadi RSUD Drs H Amri Tambunan, sebagai pimpinan DPRD ia sangat mengapresiasi hal itu sebagai bentuk penghargaan kepada orang yang telah berjasa dan memiliki nama besar di Kabupaten Deliserdang bahkan salah seorang tokoh Sumatera Utara.

Exit mobile version