Berawal dari P3D, UAD Kembangkan Desa Gilangharjo Jadi Desa Mitra

UAD

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dengan mengusung judul Pengembangan Desa Budaya Gilangharjo Menuju Eduwisata Heritage Kerajaan Mataram melalui Program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih pendanaan dengan periode pelaksanaan Juli- November 2021.

Melalui program ini Universitas Ahmad Dahlan berkomitmen menjadikan Desa Gilangharjo sebagai desa mitra UAD dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Program Magang Mata Kuliah Kewirausahaan PBSI UAD, dan kegiatan pengabdian masyarakat lainya. Program kerja yang fokus pada aspek Pendidikan, sejarah, seni, dan budaya menjadi program utama yang dikembangkan oleh TIM Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

Pada program tersebut, terdapat kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa menuju tahap paripurna. Hal ini untuk menindaklanjuti beragam hasil kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa yang telah dilakukan oleh organisasi mahasiswa ditahun sebelumnya di desa yang sama yaitu Desa Gilangharjo. Salah satu bagian dari program P3D yang menjadi pionir, yaitu Sentra kuliner Omah ayu, Pandai Besi, dan Situs Gilanglipuro. Sentra merupakan tempat wisata kuliner yang berkembang menjadi eduwisata heritage kerajaan mataram yang mencakup wisata sejarah, seni, dan budaya.

Dr. Gatot Sugiharto S.H., M.H. selaku wakil rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan dalam sambutannya, “TIM P3D menjadi pengerak untuk generasi selanjutnya dalam keterlibatan program pengabdian masyarakat, sehingga tradisi berprestasi dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan. Pimpinan, Bimawa, dan seluruh civitas akademika UAD selalu mendukung penuh keterlibatan adik-adik mahasiswa dalam program-program pengabdian.”

Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. selaku kepala LPPM mendukung  kegiatan TIM P3D HMPS PBSI sebagai  desa mitra yang berada di bawah naungan Universitas Ahmad Dahlan sehingga keberadaan mahasiswa dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat. IIs Suwartini, M.Pd yang merupakan dosen pembimbing memberikan dukungan dan bimbingan baik secara online maupun offline sehingga semua kegiatan TIM P3D HMPS PBSI dapat berjalan dengan lancar. Khoniatur Rohmah TIM P3D HMPS PBSI UAD.

Exit mobile version