Journal Camp UAD Dorong Publikasi Berkualitas

Journal Camp

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Ahmad Dahlan kembali mengadakan kegiatan Journal Camp. Dalam kegiatan Journal Camp kali ini Biro Sumber Daya Manusia mengundang dosen baru dan dosen tenaga pengajar di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan sebagai peserta. Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 29 November 2021 di Plaza Hotel.

Seperti kegiatan Journal Camp sebelumnya, kegiatan ini diadakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan motivasi kepada dosen baru yang masih menjabat sebagai tenaga pengajar di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan agar bersemangat melakukan aksi untuk meningkatkan jabatan fungsional akademiknya.

Selain itu, kegiatan journal camp ini ditujukan untuk memberikan pengarahan dan pengetahuan terkait bagaimana sistematika dalam mengurus kenaikan jabatan fungsional kepada para dosen tenaga pengajar karena dosen tenaga pengajar yang menjadi peserta journal camp kali ini merupakan dosen yang terbilang baru di Universitas Ahmad Dahlan.

Journal camp ini dihadiri oleh 23 dosen Universitas Ahmad Dahlan yang menjabat sebagai tenaga pengajar. Kegiatan journal camp ini diisi oleh tiga pemateri dengan mengusung tema yang berbeda yaitu Manajemen Percepatan Karir yang disampiakan oleh Dr. Hendro Widodo, M.Pd selaku Kepala Biro Sumber Daya Manusia.

Dalam materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia ditegaskan bahwa para dosen baru harus mampu merencanakan jenjang karir sebagai dosen dari tenaga pengajar menuju Asisten Ahli hingga ke Guru Besar dengan memaksimalkan syarat-syarat utama seperti publikasi dosen di setiap jenjang karir mereka.

Materi kedua disampaikan oleh Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs. selaku pemateri kedua. Dalam materi kedua mengusung tema Bagaimana Mencari dan Mengidentifikasi Journal yang Baik. Dalam materi ini dijelaskan bagaimana mencari jurnal-jurnal yang berkualitas dan bagaimana penggunaan tools yang dapat digunakan untuk mencari jurnal yang berkualitas tersebut. Sedangkan, materi ketiga disampaikan oleh Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si., M.Pd selaku pemateri ketiga. Dalam materi ketiga mengusung tema Transformasi Laporan Penelitian ke Artikel Journal.

Dengan adanya kegiatan journal camp tersebut, Biro Sumber Daya Manusia berharap agar dosen yang masih menjabat sebagai tenaga pengajar di Lingkungan Universitas Ahmad Dahlan bisa secepatnya naik ke jabatan Asisten Ahli. (farid/riz)

Exit mobile version