Meningkatkan Gerakan Literasi Melalui Pojok Baca

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat minat baca dan kemampuan membaca pada anak saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan karena anak-anak lebih tertarik dengan gadget daripada buku. Jika dibiarkan secara terus menerus tentu saja dapat mempengaruhi kualitas pada generasi berikutnya. Oleh karena itu, KKN Alternatif Periode 75 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mencetuskan sebuah gagasan dengan membuat sudut baca Bernama “POJOK BACA”.

Ide pembuatan pojok baca ini merupakan sebuah langkah awal agar anak-anak dapat lebih akrab dengan buku. Berlokasi di Kelurahan Kricak Kidul, Tegalrejo kami berharap bahwa pojok baca dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak dan membuat anak-anak lebih terbiasa membaca buku daripada gadget.

Pengerjaan pojok baca ini dilakukan selama empat hari yaitu mulai tanggal 23 sampai 27 November 2021 oleh mahasiswa KKN Unit II.C.2. Untuk pengadaan buku tersebut, kami mendapatkan dari banyak pihak seperti donatur, teman-teman, dan ada beberapa buku yang baru dibeli. Buku yang disajikan juga bervariasi menyesuaikan tingkat usia pada anak di Kelurahan Kricak Kidul seperti, dongeng, buku cerita rakyat, buku pelajaran, dan buku-buku lainnya.

Pengadaan pojok baca ini mendapat respon positif dari Bapak Sarjito selaku ketua RT 35, terutama anak-anak. Harapan kami setelah didirikan pojok baca ini, minat baca dan literasi anak-anak Kelurahan Kricak Kidul semakin meningkat, selain itu program pojok baca ini dapat terawat dengan baik. (rpd)

 

Exit mobile version