Lorong Sayur Kampung Pujokusuman

Pujokusuman

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kampung pujokusuman, kelurahan keparakan, kemantren mergangsan, Yogyakarta merupakan kampung yang dijadikan tempat melaksanakan kegiatan KKN divisi VIII C 3. Salah satu kegiatan yang kami lakukan yaitu “LORONG SAYUR”. Kegiatan Lorong Sayur ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 12 Desember 2021 yang dilakukan di beberapa gang di kampung pujokusuman itu sendiri. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membuat penghijauan pada gang dan membuat gang yang ada di kampung Pujokusuman terlihat lebih indah dan asri.

Untuk melaksanakan kegiatan Lorong Sayur itu sendiri, pertama-tama kita menyiapkan bibit tanaman dan polibag sebagai bahan utama. Kemudian bersama-sama warga melaksanakan kerjabakti membersihkan lokasi lorong sayur. Selanjutnya kami menanam bibit dipinggiran gang dan menanam bibit kedalam polibag. Tanaman yang ada di polibag beberapa ditanam dibagian bawah dan juga digantung.

Warga terlibat aktif dalam kegiatan ini. Tanggapan juga diungkapkan oleh warga RT 19 Pujokusuman, yang juga menjadi salah satu peserta dari kegiatan ini.

“Masyarakat berterimakasih sudah diberikan bibit cabai karena saat ini yang harga cabai lebih mahal, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat di RT 19. Kami akan menjaga bibitnsya supaya tidak rusak, untuk penghijauan dan jika ada hasil akan kami bagikan ke masyarakat,” Ungkap Bu Titik antusias.

Kegiatan Lorong sayur ini dapat membantu warga dalam hal segi pangan, dengan menanam sendiri di lingkungan kampung atau setiap RW bisa memudahkan dan membantu kebutuhan warga kampung pujokusuman, oleh karenanya kami dari KKn UAD memberikan bibit yang siap tanam agar bisa di kembangkan oleh warga sekitar, apabila sudah dikembangkan dan dirawat hingga membuahkan hasil panen maka hasil panen itu dapat dibagi-bagi oleh ketua RW ke warganya masing-masing, dan saya pribadi sangat berterima kasih kepada semua elemen masyarakat yang sudah menerima kami.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga Pujokusuman dapat memahami betapa pentingnya penghijauan dan membuat kampung senantiasa terlihat indah dan asri. “Mantap, saya berterima kasih kepada anak-anak KKN UAD yang sudah mengadakan kegiatan ini yang bisa menimbulkan rasa antusias warga agar dapat menghijaukan lingkungan kampong,” ujar Heru Surosso.

Exit mobile version