Cinderamata Tiga Buku Prof ‘Agussani’ Disambut Baik Warga Muhammadiyah

Cinderamata Tiga Buku Prof ‘Agussani’ Disambut Baik Warga Muhammadiyah

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Pengukuhan guru besar kepada Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP ditandai dengan diberikannya cinderamata kepada undangan berupa tiga buah buku tentang  Agussani. Tentu saja pemberian cinderamata dalam bentuk buku ini menjadi tradisi baik dalam mengembangkan sprit literasi ditengah masyarakat.

Tiga buku yang dijadikan paket cinderamata adalah, Pertama buku,  ” Desain Pemberdayaan Masyarakat Modern”. Buku edisi pertama oleh penerbit Rajawali Pers itu berisi materi tentang upaya pemberdayaan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat  yang masih terperangkap pada kemiskinan dan keterbelakangan.

Buku setebal 171 halaman itu, mengulas seputar konsep pemberdayaan masyarakat (bab 2), pemberdayaan masyarakat Indonesia (bab 3), manajemen pemberdayan masyrakat (bab 4), pemberdayaan masyrakat dalam berbagai bidang (bab 5).

Buku kedua adalah, ” Orasi Ilmiah: Tantangan Pekerja Sosial Profesional di Era Revolusi 4.0 dalam Rangka Pemberdayaan Masyrakat Menuju Society 5.0“. Buku ini merupakan cetakan dari materi orasi ilmiah yang disampaikan saat pengukuhan Agussani sebagai guru besar bidang Ilmu Sosial.

Buku yang diterbitkan UMSUPress berisi 100 halaman itu menjelaskan perubahan dunia yang berlangsung secara massif. Perubahan global yang sedang terjadi menggambarkan transformasi yang masa cepat dan luas. Globalisasi itu digerakkan oleh dan bahkan identik dengan neoliberalisme.
Sedangkan buku ketiga adalah ”Agussani, Meraih Prestasi dengan Keteladanan “.

Buku setebal 362 halaman dan diterbitkan UMSUPress itu memberikan gambaran sosol Agussani sejak ia kecil dan kemudian beproses di kampung halamannya, merantau ke Medan, berproses di perguruan tinggi S1, S2, S3 dan kemudian menjadi tenaga pendidik (dosen) dan kemudian menjadi pimpinan di amal usaha Muhammadiyah hingga Agussani dikukuhkan sebagai guru besar.

Buku yang disusun oleh Muhammad Arifin, Ribun Priadi dan Winarti itu berisi banyak komentar dari para tokoh tentang sosok Agussani yang kini memimpin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Tiga buku yang disambut dengan sukacita seperti sukacita saat menyaksikan pengukuhan Agussani sebagai guru besar. Tahniah (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version