Festival Penggerak Kebaikan, Bangun Ekosistem Pendidikan Lebih Baik

Festival Penggerak Kebaikan, Bangun Ekosistem Pendidikan Lebih Baik

Partisipan Guru di Acara Inspiring Teacher Conference

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Festival Penggerak Kebaikan adalah sebuah kolaborasi akbar dalam rangka membangun ekosistem pendidikan yang lebih baik. Dinisiasi Paragon Technology and Innovation (Paragon), Festival Penggerak Kebaikan mengadakan mengadakan berbagai rangkaian acara seperti Inspiring Lecturer Conference (ILC), Talkshow Inspiratif Anak Muda, hingga pemberdayaan masyarakat di 42 berbagai daerah di Indonesia.

Acara Inspiring Lecturer Conference (ILC) dihadiri oleh 868 dosen se-Indonesia dari berbagai disiplin ilmu. Dalam acara ini, para dosen mendapatkan pelatihan neuro-linguistic programming (NLP) dengan topik “Membangun Komunikasi yang Baik dan Bermakna dengan Mahasiswa” yang disampaikan oleh Hingdranata Nikolay (Licensed Master Trainer of NLP pertama di Asia Tenggara dan CEO Inspirasi Indonesia). Lewat pelatihan NLP, para dosen diajarkan untuk dapat meningkatkatkan kapasitas dalam mengajar khususnya dalam hal berkomunikasi dengan mahasiswa. Adapun hal ini dilakukan karena para dosen merupakan penggerak yang memiliki tugas untuk mempersiapkan generasi muda bangsa.

Inspiring Lecturer Conference turut dihadiri oleh Miftahuddin Amin (EVP and Chief Administration Officer Paragon) dan dr. Laila Isrona, M.Sc. (Dosen Universitas Andalas dan Alumni Inspiring Lecturer Program). Dalam sambutannya, dr. Laila menyampaikan pentingnya meningkatkan kapasitas diri untuk para dosen.

“Mahasiswa saat ini sudah bukan mahasiswa zaman dahulu. Kalau kita tidak tahu cara menghadapi mereka, kita tidak bisa berhadapan dengan mahasiswa dengan baik. Penting bagi dosen untuk upgrade kapasitas diri, baik dari sisi keilmuan maupun cara mengajar. Dari Inspiring Lecturer Program, kita tidak hanya belajar mengenai keilmuan kita, namun juga bagaimana mengajarkan keilmuan tersebut kepada mahasiswa. Itulah alasan saya ikut acara Inspiring Lecturer Program,” ungkap Miftahuddin Amin.

Dirinya berharap dapat menjadi penyemangat untuk para dosen serta mengembangkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui penyelenggaraan Inspiring Lecturer Conference. “Harapan Paragon dengan berpartisipasinya para dosen dalam acara ILC, para dosen dapat menjadi pioneer untuk mengembangkan inisiatif yang bisa membangun ekosistem pendidikan yang lebih baik lagi. Merupakan kewajiban moral bagi kita para pendidik dan dosen untuk menyebarkan kepada mahasiswa dan dosen lain bahwa peran kita adalah penggerak, terutama di institusi masing-masing,” tambahnya.

Guru Penggerak Inovatif

Dalam rangkaian Festival Penggerak Kebaikan juga mengadakan acara Inspiring Lecturer Conference bersama 2000 guru se-Indonesia. Pada acara conference merupakan ceremony pelepasan alumni Wardah Inspiring Teacher (WIT), para guru berkesempatan untuk mendengarkan talkshow dan materi inspiratif bersama pakar pendidikan yang bertajuk “Menjadi Guru Inovatif untuk Pembelajaran Bermakna” serta menyaksikan launching komunitas Rumah Belajar.

Acara ini turut dihadiri oleh Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. (Sekretaris Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI), Bukik Setiawan (Ketua Yayasan Guru Belajar), Analisa Widyaningrum (Psikolog & CEO APDC Indonesia), Nelsa Dwi Wahyuni (Wardah Inspiring Teacher Representative), serta Anggi Rizka Pustika (Alumni Wardah Inspiring Teacher).

Dalam paparannya, Prof. Nunuk menyampaikan bahwa guru merupakan penggerak di dunia pendidikan sehingga dibutuhkan kemampuan dalam berinovasi. “Ke depannya para guru akan menjadi penggerak yang memimpin pembelajaran dan institusi pendidikan sehingga diharapkan mampu melakukan inovasi untuk pengembangan sekolah dan pembelajaran. Wardah Inspiring Teacher merupakan salah satu wadah yang membuat para guru bisa menemukan value tersebut”.

Acara Inspiring Teacher Conference ditutup dengan pelepasan alumni WIT serta launching komunitas Rumah Belajar yang merupakan wadah bagi alumni WIT. Dengan adanya komunitas ini, Paragon berharap dapat menjadi wadah bagi para guru alumni WIT untuk terus berkembang bersama-sama. “Semoga dengan adanya komunitas Rumah Belajar, bapak dan ibu guru bisa semakin happy karena bisa sama-sama belajar. Bersama-sama kita menggerakan Rumah Belajar sehingga para guru bisa saling menyemangati dan support satu sama lain”, ujar Nelsa.

Festival Penggerak Kebaikan dilaksanakan pada Sabtu, 18 Desember 2021 dengan membawa tema “Muda, Bergerak, Berdampak”. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat dan seluruh stakeholder yang telah turut membawa kebermanfaatan di tengah masyarakat. Adapun rangkaian acara Festival Penggerak Kebaikan meliputi Inspiring Lecturer Conference, Eduleads Gathering, Muda Bergerak Berdampak Talks, Sosialisasi Paragon Internship Program, Open Collaboration with Paragon, Paragon Coach Community Launching, serta Wardah Inspiring Teacher Conference. (rpd)

Exit mobile version