Bupati Sergai Sambut Kehadiran Lazismu, Siap Majukan 6 Pilar

Lazismu

Bupati Sergai Sambut Kehadiran LazisMu, Siap Majukan 6 Pilar

SERDANG BEDAGAI, Suara Muhammadiyah  – Lazismu Serdang Bedagai melakukan kunjungan silaturahim dengan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Rabu (19/1). Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Bupati Sergai itu menjadi kegiatan strategis bagi LazisMu untuk mengenalkan peran Lazismu kepada Pemkab Serdang Bedagai.

Tim LazisMu dipimpin oleh Ketua LazisMu Sergai Muhammad Yusuf Fath bersama Plt Direktur LazisMu Ahmad Hamidi Lubis dan unsur pengurus lainnya diperkenalkan kepada bupati.

Muhammad Yusuf Fath  memperkenalkan Lazismu adalah lembaga amal zakat infaq shodaqoh yang berdiri pada tahun 2002, Lazismu lembaga amil zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan yang bertujuan menjadikan potensi zakat infaq dan shadaqah sebagai arus utama penggerak ekonomi rakyat.

Juga dijelaskan, Lazismu memiliki enam pilar. Pertama, pilar pendidikan.  Melalui program pendidikan ini dilakukan peningkatan mutu SDM dengan menjalankan berbagai program berupa pemenuhan sarana dan biaya pendidikan.

Pilar kedua,  adalah  kesehatan. Program Kesehatan Lazismu fokus pada pemenuhan hak-hak mustahik untuk mendapatkan kehidupan yang berkuakitas melalui layanan kesehatan. Dan pilar ketiga adalah Ekonomi.  Program Ekonomi merupakan upaya  peningkatan kesejahteraan penerima manfaat dana zakat dan donasi lainnya dengan pola pemberdayaan maupun pelatihan-pelatihan wirausaha.

Muhammad Yusuf Fath menjelaskan pilar keempat adalah pilar dakwah. Pilar ini berfungsi menguatkan sisi ruhani dan pemenuhan kebutuhan untuk kegiatan dakwah dengan tujuan kemandirian para dai dan institusi dakwah. Pilar ke lima adalah  sosial kemanusiaan.

Melalui pilar ini LazisMu melakukan penanganan masalah sosial yang timbul akibat akses eksternal terhadap kehidupan mustahik, seperti bantuan bencana, pendampingan manula dan kegiatan karikatif dan pilar ke enam lingkungan. Lazismu mengambil peran dalam upaya  peningkatan kualitas lingkungan bagi kehidupan masyarakat dan ekosistem yang lebih baik sehingga bisa menjaga keseimbangan alam.

Kata Yusuf, dengan keselarasan visi Serdang Bedagai Mandiri Sejahtera Relegius dapat menjalankan dan membantu berjalan beriringan antara Lazismu Serdang Bedagai dan Bupati Serdang Bedagai.

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, sangat mengapresiasi langkah  yang akan dilakukan Lazismu terkait beberapa pilar yang telah di sampaikan. Kedepan diharapkan Lazismu dapat bergandengan bersama BAZNAS Serdang Bedagai dan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam mengelola zakat, infaq dan shodaqoh yang ada nantinya.

Silaturrahim Pengurus Lazismu Serdang Bedagai itu dihadiri  Asisten I Nina Deliana dan Kabag Kesra Raden Cici. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version