UMSU FM Miliki Program Internasional ‘Maya Kabagh’

UMSU

UMSU FM Miliki Program Internasional ‘Maya Kabagh’

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Internasionalisasi yang gencar duilakukan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tidak hanya dibidang akademi tapi juga bidang penyiaran. UMSU memiliki satu fasilitas penyiaran komersial yakni UMSU FM yang berada frekuensi 91,6 FM.

Untuk mendorong program penyiaran menjadi lebih baik maka salah satunya adalah program internasionalisasi, yakni dengan  melakukan kerjasama penyiaran dengan radio di luar negeri. Untuk itulah UMSU kemudian menjalin kerjasama dengan Univetsitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI ) Perak Malaysia.

Penegasan itu disampaikan mangemen Radio UMSU FM Dedi Suhendi kepada jurnalis ‘SM’ di Medan terkait perkembangan program internasional Maya Kabagh ( Apa Kabar ).

Kerjasama internasional itu  diprakarsai oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, meliputi bidang Pendidikan dan Kebudayaan Melayu. program penyiaran sudah berlangsung selama dua tahun dengan tajuk siaran  Bersama Antar Bangsa  “MAYA KABAGH”, yang digelar setiap hari jumat, pukul 16.00 s/d 17.00 wib ( 17.00 s/d 18.00 Waktu Malaysia ).

Program yang sudah berjalan dua tahun lebih, tepatnya dimulai saat kunjungan Pihak UMSU ke UPSI Malaysia pada tgl 26 September 2019. Selama masa perjalanannya, Program ini telah banyak menghadirkan tokoh-tokoh pendidikan dan budayawan Melayu antar kedua bangsa.

Dalam setiap acara dan pertemuan yang dilaksakan UMSU, Rektor selalu menyampaikan bahwasannya hanya UMSU Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera yang memiliki Stasiun Radio Komersil. Dan Radio UMSU FM memiliki keunikan tersendiri dengan menjalin siaran kerjasama dengan luar negeri.

Rektor juga berharap, kedepannya Radio UMSU FM mampu menjadi satu-satunya radio Pendidikan yang ada di Sumatera bahkan Indonesia. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version