Pelantikan HMJ FKIP UMSU, Ditantang Torehkan Prestasi Nasional dan Internasional

UMSU

Pelantikan HMJ FKIP UMSU, Ditantang Torehkan Prestasi Nasional dan Internasional

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Se-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) Periode Amaliah 2022-2023 resmi dilantik.

Acara pelantikan yang mengusung tema “Membangun Semangat Baru dan Solidaritas Menuju HMJ FKIP UMSU yang Berkemajuan” itu digelar di Aula Hotel Griya Medan, Selasa (25/01/2022)

Pelantikan Klosal HMJ Se FKIP UMSU terdiri dari 7 prodi, yakni Prodi PPKN, Prodi Pendididkan Akuntansi, Prodi Pendidikan PGSD, Prodi Pendidikan Bimbingan Konsling, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa Ingris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Seluruh HMJ dilantik oleh masing-masing Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi yang disaksikan langsung oleh Wakil Rektor III UMSU Assoc Prof Dr. Rudianto, M.Si, Dekan FKIP UMSU, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III serta Dosen FKIP UMSU yang berhadir.

Tampak juga hadir dalam acara tersebut ketua PK IMM FKIP UMSU beserta pengurus dan HMJ di lingkungan UMSU.

Ketua Panitia  Andre yang juga ketua HMJ PPKN, melaporkan dalam sambutannya,  bahwa kegiatan pelantikan ini dirancang oleh panitia bersama yang terdiri dari Pimpinan Umum HMJ se FKIP UMSU

“Mari kita jaga kekompakan ini agar apa yang diharapkan oleh bapak Wakil Dekan III bisa kita wujudkan,” tuturnya.

Kemudian, Haris Muda Batubara, ketua HMJ Pendidikan Bahasa Inggris yang memberi kata sambutan sebagai perwakilan HMJ se FKIP UMSU mengatakan, bahwa momen pelantikan ini bukanlah puncak akhir dari perjuangan, tapi ini adalah awal untuk bergerak, berproses, menuai prestasi untuk kebanggaan FKIP UMSU.

“Karena saya di tantang oleh bapak WD III FKIP UMSU (Mandra Saragih M.Hum) beliau mengatakan pada saya bisa gak HMJ ini lolos dalam kompetisi PHP2D ? Bisa tidak HMJ ini menghasilkan prestasi di tingkat regional? Bisa tidak HMJ ini menghasilkan prestasi di tingkat Nasional? Bisa tidak HMJ ini menghasilnya prestasi di tingkat Internasional? Saya Haris Muda Batubara mewakili para Pimpinan Umum HMJ se FKIP UMSU siap menuntaskan itu semua pak !,” ujar Haris.

Selanjutnya Dekan FKIP UMSU Drs Hj Samsuyurnita M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus HJ se FKIP UMSU yang dilantik.

“Mewakili pimpinan Fakultas saya mengucapkan selamat kepada ananda sekalian  yang baru saja di lantik menjadi pimpinan Himpunan Mahasiswa Jurusan tiap-tiap prodi,” ucapnya.

“Sudah 2 tahun lebih kita pakum berkegiatan di lingkaran HMJ ini, maka dengan pelantikan hari ini saya harap seluruh Pimpinan Prodi bisa mengakomodir seluruh Pimpinan HMJ ini untuk FKIP kita ini demi kemajuan Fakultas yang sama-sama kita cintai dan banggakan seperti tema pelantikan ini,” imbuhnya.

Kemudian beliau berpesan, agar semua pengurus HMJ yang dilantik memahami bahwa organisasi nomor 1.

“Tapi utamakan kuliah agar seimbang dan tidak lupa tugas utama kalian datang ke UMSU ini,” ujarnya.

Jadi Role Model

Sementara itu WR III UMSU Dr. Rudianto, S.Sos., M.Si dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa yang baru saja di lantik.

“Saya sangat mengapresiasi pelantikan HMJ bisa dilakukan secara bersamaan di fakultas dan ini juga bisa menjadi role model kedepannya,” tuturnya.

Beliau juga mengungkapkan, bahwa banyak program-program dari kementerian yang perlu HMJ kejar dan bisa dijadikan sebuah program HMJ, antara lain Program MBKM, PKM, PHP2d, serta minat dan bakat lainnya.

“Ini adalah awal yang baru untuk FKIP UMSU yang berkemajuan, sebab pimpinan FKIP sendiri juga baru saja di lantik beberapa bulan lalu, dan menyusul para mahasiswa yang tergabung di HMJ tiap-tiap jurusan. Dan saya yakin, dengan dilantiknya adik-adik HMJ ini akan menghasilkan prestasi-prestasi, baik di tingkat regional, nasional dan bahkan internasional,” tutupnya.

Tua Halomoan Harahap, M.Pd yang mewakili Pimpinan Prodi juga turut menyampaikan sambutan dengan memberikan motivasi kepada seluruh HMJ yang baru dilantik untuk menyusun program yang sesuai dengan apa yang menjadi target prestasi yang diberikan oleh pimpinan fakultas dan universitas.

Bangun Solidaritas

Ketika diminta keterangannya terkait pelantikan ini, WD III FKIP UMSU Mandra Saragih M.Hum mengatakan, selaku WD III FKIP UMSU dirinya sangat bangga melihat kekompakan 7 HMJ di FKIP UMSU bisa melakukan pelantikan secara bersama.

“Dan tentu juga saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan prodi yang tentu turut berperan menyukseskan acara pelantikan ini,” ujarnya.

Mandra Saragih juga menyinggung soal kehadiran ketua PK IMM FKIP beserta jajarannya di acara tersebut. Menurutnya,  ini modal yang bagus untuk membangun solidaritas serta kekompakan antar sesama mahasiswa FKIP UMSU.

“Hal ini akan menambah semangat saya dan akan mendukung penuh seluruh kegiatan IMM dan HMJ, karena sudah menjadi tugas dan kewajiban saya dalam melakukan pembinaan kepada organisasi mahasiswa dan seluruh mahasiswa FKIP agar mereka bisa mengembangkan minat dan bakat mereka untuk meraih prestasi,” kata Mandra Saragih.

Ia juga menegaskan, pimpinan fakultas FKIP UMSU juga akan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi atau Juara pada event-event regional, nasional bahkan internasional.

“Ini sudah kita buktikan dengan memberikan tali-asih kepada 2 mahasiswa PGSD yang juara dalam lomba Micro Teaching tingkat nasional dan Story Telling,” sebutnya.

“Dan kita juga akan memberikan penghargaan kepada setiap dosen yang berhasil menghantarkan mahasiswa kita menjadi sang juara. Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam melakukan pembinaan dibidang kemahasiswaan,” pungkas Mandra Saragih. (Syaiful/Riz)

Exit mobile version