Persiapkan Akreditasi Unggul, UMSU Gelar Workshop Bersama UMY

Persiapkan Akreditasi Unggul, UMSU Gelar Workshop Bersama UMY

Persiapkan Akreditasi Unggul, UMSU Gelar Workshop Bersama UMY

Medan, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus berbenah. Kini UMSU sedang mempersiapkan program studi yang terakreditasi unggul. Untuk itu, UMSU bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar workshop selama tiga hari yang pembukaannya dilakukan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP, Selasa (8/3)

Gelaran workshop terkait Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dan Akreditasi Internasional. Kegiatan dilaksanakan, Selasa (8/3) di Ruang Rapat UMSU – Jl, Muchtar Basri – No. 3 Medan.
Kegiatan ini digelar selama dua hari bersama guru besar UMY Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc.dan Lektor Teknologi Informasi UMY Slamet Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.D. Bertujuan untuk mendorong seluruh program studi mencapai akreditasi unggul hingga akreditasi Internasional.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP berharap adanya pertemuan ini, para ketua program studi dapat mendamaptkan manfaat di masa depan, “Terima kasih kamu ucapakan kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selaku pembina UMSU yang telah banyak membantu bagaimana mengembangkan kampus ini. Insyaallah kita siap belajar dari UMY,” ujar Prof. Agussani.

Prof. Agussani juga menyampaikan kabar baik terkait telah terdaftarnya UMSU di dalam QS World University Rankings yaitu publikasi peringkat perguruan tinggi seluruh dunia yang berlokasi di Inggris. UMSU telah mendapatkan bintang empat terkait intitusi.

“Alhamdulillah, hasil bimbangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan kerja keras seluruh akademi UMSU kita tercantum di QS. Hanya dua yang bisa tercantum di QS yaitu UMSU dan USU,” ujar Prof. Agussani.

Menyambut hal tersebut, Prof. Nurmandi memberikan arahan terkait Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), dan Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM Teknik) dan akreditasi Internasional, “Kita harus memikirkan bagaimana anggaran yang terbatas untuk mencapai kinerja,” ujar Prof. Nurmandi.

Prof. Nurmandi menyarakan agar setiap program studi memiliki Rencana Strategis (Renstra) yang direview satu tahun sekali, dosen pengajar harus sesuai dengan keahlian program studi, harus memenuhi daya saing internasional kalau ingin unggul, program studi harus memiliki aspirasi internasional di visi misi serta menerapkan Outcome Based Education (OBE).

Kegiatan workshop hari pertama ditutup dengan tanya jawab dan mengimplementasikan materi yang telah dipaparkan Prof. Nurmandi.

Hadir pada kegiatan ini Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, guru besar UMY Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc.dan Lektor Teknologi Imformasi UMY Slamet Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.D, para Pimpinan Program Studi UMSU, Tim Badan Penjamin Mutu (BPM) UMSU, Ketua Sekolah Tinggi llmu Hukum Muhammadiyah Kisaran. Ketua Sekolah Tinggi Imu Ekonomi Muhammadiyah Asahan. (Syaifulh)

Exit mobile version