Walikota Binjai Berharap LazisMu Berkhidmat untuk Umat

Walikota Binjai Berharap LazisMu Berkhidmat untuk Umat

Walikota Binjai Berharap LazisMu Berkhidmat untuk Umat

BINJAI, Suara Muhammadiyah – Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah MAP meresmikan penggunaan Kantor LazisMu Kota Binjai yang berlokasi di Jalan KHA Dahlan, Sabtu (19/3). Peresmian Kantor LazisMu Binjai berlantai II itu ditandai dengan pengguntingan pita. Proses pengguntingan pita didampingi Ketua PDM Kota Binjai Yundiser, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro dan Ketua LazisMu Binjai Sutrisno.

Walikota Binjai Amir Hamzah menyampaikan Lazismu sebagai lembaga zakat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan dana zakat, infaq, wakaf, dan dana kedermawanan lainnya dimaksudkan sebagai instansi pengelola zakat dengan manajemen modern dan dapat menjadikan zakat sebagai problem solver sosial masyarakat yang terus berkembang.

“Saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Lazismu secara operasional telah memiliki sistem manajerial dalam pelayanan umat,” ucapnya. Hal ini menurutnya, menjadikan pendayagunaan zakat, infaq, dan sedekah sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi umat Islam.

Wali Kota juga berharap, penguatan kelembagaan Lazismu dapat terus meningkatkan koordinasi, kolaborasi, serta sinergitas dengan stake holder lainnya. “Dengan demikian, apa yang menjadi harapan dan cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Binjai.

Walikota Binjai kemudian memberikan bantuan sebesar Rp 5 Juta untuk menjadi modal awal bagi operasional kantor baru LazisMu.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Binjai Yundiser menjelaskan latar belakang berdirinya lembaga amil zakat isfaq dan sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) di Kota Binjai. LazisMu diharapkan dapat menjadi energi baru bagi Muhammadiyah dalam memecahkan persoalan kemiskinan yang masih mewarnai kehidupan masyarakat. ” Alhamdulillah, ditengah proses pembentukan LazisMu, seorang warga Muhammadiyah, Eli Marni, mewakafkan rumah tokonya di Jalan KHA Dahlan, tak jauh dari lokasi Klinik Aisyiyah dan Masjid Taqwa. Ini adalah satu kesyukuran kita semua,” jelas Yundiser.

Ketua PDM Binjai itu berharap, LazisMu dapat terus membangun sinergisitas dengan Bazsnas, Pemerintah Kota, Lembaga-lembaga kemanusiaan dan warga persyarikatan.

Sebelumnya Sutrisno, Ketua LazisMu Binjai yang baru dilantik LazisMu Sumatera Utara itu menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu proses terbentuknya LazisMu Kota Binjai. Beberapa program LazisMu Binjai diharapkan dapat memberi harapan baru bagi membantu kaum dhuafa, proses pendidikan yatim dan piatu termasuk persoalan ekonomi kaum marjinal.

Smbutan lain disampaikan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Binjai Padapotan Harapan. MUI Binjai mengapresiasi terbentuknya LazisMu.

Wakil Ketua LazisMu Sumatera Utara Muhamamd Irsyad melantik dan membaiat Pengurus LazisMu Kota Binjai masa amaliah Tahun 2021-2023 diantaranya Ketua Dewan Syariah Ramdhani Lc, M. Ryan Syahputra Lc, As Adinata, Ketua Badan Pengawas Drs Syamsul Rizal, M.Pd., Kastolani SE, Ketua Badan Pengurus Sutrisno, Wakil Ketua Rudi Batubara, S.Pd., dan Sekretaris Mishiyyah Nashih Ulwan, S.Kom, Wakil Sekretaris Ratna Juwita SE dan Anggota Ahmad Hidayat SPd.

Kemudian Ketua LazisMu Binjai Sutrisno melantik Badan Pelaksana, beberapa divisi dan relawan LazisMu Kota Binjai.

Ditengah suasana peresmian kantor dan proses pelantikan pengurus tampak hadir Ibu Eli Marni (81) yang mewakafkan rumah tokonya kepada Muhammadiyah. Rumah toko yang berlokasi di Jl KHA Dahlan itu kini menjadi Kantor LazisMu dan Muhammadiyah Binjai. (Syaifulh)

Exit mobile version