Lestarikan Sejarah, AMM Bandar Selamat Gelar Wisata Budaya

Wisata Budaya

Lestarikan Sejarah, AMM Bandar Selamat Gelar Wisata Budaya

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Jangan lupakan sejarah. Itulah spirit yang dibangun Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Bandar Selamat, Cabang Medan Tembung. Dengan semangat mereka melaksanakan kegiatan Wisata Budaya ke Istana Maimun dan Masjid Raya Al- Mashun Medan. AMM Bandar Selamat melakukan kegiatan wisata budaya itu bersama Anak-anak didik Isya Mengaji, Ahad (27/03).

Sebagai Informasi Kegiatan Isya Mengaji adalah Program rutin yang telah dijalankan AMM Bandar Selamat sejak tahun 2021 lalu. Maka dari itu Kegiatan Wisata Budaya ini merupakan salah satu hadiah motivasi untuk anak-anak yang selalu aktif datang mengaji di Masjid Taqwa Muhammadiyah Bandar Selamat.

Kegiatan Wisata Budaya yang dilaksanakan juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan serta mengembangkan kemampuan dan menambah wawasan seluruh anggota AMM khususnya anak-anak didik Isya Mengaji.

Alur kegiatan dimulai pada pagi hari pukul 10.00 WIB dibuka dengan Pengarahan oleh Putri Alawiyah Aswari Lubis di Masjid Taqwa Muhammadiyah Bandar Selamat. Kemudian berangkat pukul 10.30 WIB menuju ke tempat tujuan menggunakan kendaraan Odong-odong.

Ikon Bersejarah

Perjalanan memakan waktu sekitar lebih kurang 30 menit dan sesampainya di tempat destinasi pertama yang dikunjungi yakni Masjid Raya Al-Mashun Medan, di sana anak-anak mengaji melihat-lihat bangunan masjid dan sekitarnya. Setelah itu tak lupa diadakannya foto bersama seluruh anggota AMM dan anak-anak mengaji sebagai kenang-kenangan pernah mengunjungi salah satu ikon bersejarah yang ada di kota Medan.

Untuk menambah pengetahuan anak-anak mengaji (peserta wisata budaya), dilaksanakan juga penyampaian materi mengenai sejarah berdirinya Masjid Raya Al-Mashun Medan oleh Devi Asri Syua’idah Daulay. Dimana dijelaskan mulai kapan berdiri nya masjid tersebut, siapa pemimpin pada saat pembangunan masjid, berapa biayanya, siapa arsitek yang membangunnya, apa gaya arsitektural masjid dan sampai dari mana bahan yang dipakai dalam pembangunan masjid.

Saat hari sudah siang dan memasuki Waktu Zuhur para peserta wisata budaya juga ikut Sholat Berjamaah di dalam Masjid Raya Al-Mashun. Kegiatan dilanjutkan ke tempat destinasi wisata berikut nya yakni Taman Sri Deli yang berada tepat di depan Masjid Raya Al-Mashun Medan.

Di Taman ini oleh AMM Bandar Selamat digunakan sebagai tempat piknik makan siang bersama peserta wisata budaya ditemani oleh pemandangan kolam yang berada ditengah-tengah taman. Setelah puas mengisi tenaga dilanjutkan kuis untuk mengasah daya ingat peserta setelah menerima materi sebelumnya. Tak lupa juga para peserta diberi waktu untuk melihat-lihat pemandangan serta bermain-main di lingkungan sekitar taman.

Pada pukul 14.00 WIB semua peserta menuju perjalanan utama sekaligus sebagai destinasi terakhir yakni Istana Maimun. Di sana peserta wisata melihat-melihat sejarah peninggalan Kesultanan Deli, mulai dari Singgasana Raja, Tempat Tidur Raja, Foto-foto Keluarga Kerajaan, barang-barang Kerajaan serta melihat ornamen yang ada di dalam Istana.

Sebagai bonus kepada peserta, dilakukan waktu bebas di sekitar halaman istana dimana anak-anak mengaji bermain becak mini sewaan dengan penuh kegembiraan dibawah pengawasan AMM Bandar Selamat. Pukul 15.20 WIB alur kegiatan telah selesai dilaksanakan dengan baik dan waktunya untuk kembali pulang. Sesampainya di Masjid Taqwa Muhammadiyah Bandar Selamat, kemudian dilaksanakanlah Sholat Ashar berjamaah dan berakhir lah seluruh kegiatan Wisata Budaya AMM Bandar Selamat, maka seluruh peserta dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing.

AMM Bandar Selamat yang terdiri dari Ridwan Syafi’i Lubis, Ahmad Khabib Nasution, Putri Alawiyah Aswari Lubis, Devi Asri Syua’idah Daulay, Annisa Rahimah Lubis, Tarmizi Buchori Sitanggang, Ramana Salim, Aisyah Nur Pulungan, Salsabila Adnin Daulay, Abdillah Simatupang, selain melakukan kegiatan Wisata Budaya dalam waktu dekat yakni pada bulan Ramadhan mendatang akan melaksankan Literasi Alam Semesta membawa nama Relawan Literasi AMM Bandar Selamat dimana tempat yang dituju ialah Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU.

Diharapkan dengan adanya setiap kegiatan yang dilaksanakan AMM Bandar Selamat dapat ‘membangkitkan semangat’ anak-anak milenial untuk terlibat dengan proses sebuah kebaikan yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga bermanfaat untuk orang banyak. (Syaifulh/DSD)

Exit mobile version