Semarak Ramadhan Ala Dewan Amaliyah HW Muhiba, Grebek Masjid Bekerja dan Berdakwah

HW Muhiba

Semarak Ramadhan Ala Dewan Amaliyah HW Muhiba, Grebek Masjid Bekerja dan Berdakwah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Bulan Ramadhan menjadi ajang untuk berlomba-lomba mencari tambahan amal ibadah. Hal ini tak luput menjadi perhatian Dewan Amaliyah HW SMA Muhammadiyah 1 Babat (SMA Muhiba), Sabtu (9/4/2022)

Para aktifis Dewan Amaliah SMA Muhiba berbondong-bondong datang ke Dusun Ngareng Desa Kudikan Kecamatan Sekaran. Mereka menggerebeg masjid Al Muttaqin. Kegiatan grebek masjid ini merupakan agenda Ramadhan yang baru ada tahun ini.

Pembina Hizbul Wathan SMA Muhiba Ramanda Sumardi menjelaskan selama ini kegiatan Dewan Amaliah HW SMA Muhiba bagi-bagi takjil di jalan.

Lanjut Ramanda Sumardi, kegiatan saat ini bisa lebih efisien. Tak hanya sekedar bagi-bagi takjil, tapi bisa juga sambil mengadakan pengajian, buka bersama, sholat berjamaah dan bersih-bersih nasjid sehingga bisa memakmurkan masjid yang selama ini sepi oleh jama’ah

“Kegiatan Grebek Masjid ini ditujukan pada masjid Muhammadiyah yang berada di daerah yang masih minim warganya. Jama’ahnya pun masih sepi. Dengan kondisi ini, Dewan Amaliah Muhiba merasa terpanggil,” ungkapnya

Rio Nur Wahid yang menjadi ketua panitia Grebek Masjid mengatakan tema yang diusung adalah Bekerja Sambil Berdakwah.

Lanjutnya, kedatangan Dewan Amaliyah SMA Muhiba disambut dengan suka cita oleh warga Dusun Ngareng Sekaran

“Allhamdulilah kedatangan kita disambut dengan baik oleh ibu-ibu ‘Aisyiyah di sana” ungkap Rio Nur Wahid

Acara dibuka dengan kajian oleh Hj. Zaimatus Shalichah. Wanita yang kerap dipanggil Bu Zaim ini menyampaikan tausiyah tentang motivasi ibadah di bulan Ramadhan. Dilanjutkan dengan buka bersama, sholat maghrib, isya’, dan tarawih berjamaah.

Rakanda-rakanda dari Dewan Amaliyah dan Dewan Kerabat HW Muhiba secara bergantian bertugas sebagai  mu’adzin dan imam sholat.

Acara berlanjut dengan tadarus bersama ibu-ibu ‘Aisyiyah. Tak lupa dengan tujuannya yang lain yaitu bekerja. Dewan Amaliyah bergotong royong membersihkan seluruh bagian masjid Al-Muttaqin.

Mereka juga meninggalkan beberapa alat kebersihan yang sengaja dibawa dari Babat untuk nasjid Al-Muttaqin.

Grebek Masjid ini tak hanya dilakukan satu kali. Namun rencananya juga akan dilaksanakan mendatang di masjid Al-Muhajirin dusun Pereng desa Gendongkulon. (Fikrun Nadhofatul Islamiyah/FRS)

Exit mobile version