SMA Muhi Adakan Mubaligh Hijrah Ramadhan

SMA Muhi Adakan Mubaligh Hijrah Ramadhan

SMA Muhi Adakan Mubaligh Hijrah Ramadhan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – SMA Muhammadiyah 1 (SMA Muhi) Yogyakarta mengadakan kegiatan selama bulan Ramadhan bertajuk ‘Mubaligh Hijrah’ pada 1-14 April 2022 di Masjid Al Husna, Badran, Jetis, Yogyakarta. Dan puncak kegiatan pada 13-14 April 2022. Kegiatan itu dihadirkan untuk melatih siswa dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, melatih siswa untuk menjadi kader persyarikatan, syiar dakwah ajaran Islam masing-masing daerah tempat tinggal ananda, dan juga menjalin ukhuwah Islamiyah dengan takmir, PRM dan PCM.

Kegiatan Mubaligh Hijrah (MH) merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Muhi Yogyakarta yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramadhan. Selama pandemi covid -19, ini tahun ke – 3 MH dilaksanakan pada masa pandemi, tempat pelaksanaan Kegiatan Mubaligh Hijrah di masjid, mushola, PRM, dan PCM di sekitar lokasi tempat tinggal anak-anak peserta MH atau berada di tengah Kota Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMA Muhi, Drs H Herynugroho, MPd menyampaikan bahwa kegiatan MH ini diharapkan menambah pengalaman peserta didik di kemudian hari.

“Insya Allah setelah mengikuti  kegiatan MH ini, anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang  luar biasa sebagai bekal di kemudian hari, antara lain dapat menunjukkan kemampuan melakukan syiar dakwah agama Islam,  perilaku tangguh dan bertanggung jawab dalam aktivitas di masyarakat, keterampilan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, keterampilan berkolaborasi dengan teman satu kelompok MH maupun dengan masyarakat, keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah serta memiliki kreativitas dan inovasi untuk melaksanakan berbagai kegiatan”, katanya saat memberikan sambutan secara virtual zoom.

Di sisi lain selaku pembimbing kegiatan MH ini, Helmi Kurniawan, SPdI., MSi mengucapkan terima kasih atas bersedianya takmir Masjid Al Husna memberikan kesempatan untuk peserta didik dari SMA Muhi menyelenggarakan kegiatan ini dan juga turut bergabung bersama dengan elemen masyarakat sekitar.

“Kami selaku pembimbing menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya untuk takmir Masjid Al Husna dan juga seluruh elemen masyarakat. Yang telah memberikan ruang dan waktu bagi kami dari SMA Muhi untuk bisa menyelenggarakan kegiatan MH. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membuahkan manfaat dan maslahat bagi kita semuanya,” pungkasnya.

Lebih dari itu, Kharismawan Lutfi Nugroho mewakili PCM Badran turut mengapreasisi kegiatan MH ini. Katanya, “Kami atas nama PRM Badran Cabang Jetis Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas hadirnya Mubaligh Hijrah SMA Muhi, ini merupakan kali pertama kami mendapatkan kesempatan yang baik, hadirnya MH SMA Muhi memberikan warna baru bagi warga kami dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan. Menghadirkan dakwah dgn kemasan kekinian dan menggembirakan. Smg SMA Muhi semakin maju dan menjadi pilihan masyarakat dalam menitipkan putra putri nya menjadi calon kader Muhammadiyah dan pemimpin bangsa.”

Dalam implementasi kegiatan MH ini, dilangsungkan beberapa kegiatan meliputi Sosialisasi ke takmir atau ke PRM setempat, TPA online atau offline (yang memungkinkan), Membuat dan sertta berkaloborasi untuk lomba-lomba di TPA, Mengerakkan PRM / PCM untuk mengadakan Nuzulul Quran atau kegiatan lainya, Imam dan Kultum kalau memungkinkan di tempat masing-masing, dan Tadarus dengan masyarakat.

Dengan kegiatan MH ini diharapkan akan muncul syiar dari anak-anak peserta  MH meliputi: (a) Melatih sosialilasi anak ke takmir, PRM, dan PCM  masing-masing, (b) Melakukan survey dan analisis apa yang akan di lakukan sebagai kegiatan MH pada ramadhan, dan (c) Mengajar dan membantu dalam TPA atau kegiatan masjid  di masing-masing tempat ananda. (Cris)

Exit mobile version