UMSU dan Intitute Francais Lanjutkan Kerjasama

UMSU

UMSU dan Intitute Francais Lanjutkan Kerjasama

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Intitute Francais Indonesia (IFI) tandatngani pembaharuan MoU bentuk komitmen melanjutkan kerjasama terkait pengelolaan Warung Prancis di Perspustakaan UMSU. Penandatanganan dilakukan secara langsung, Rabu (18/5) di ruang VIP UMSU – Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Kota Medan.

Sebelumnya UMSU dan IFI telah menjalin kerjasama dalam mengelola Warung Prancis yang berfungsi sebagai pusat informasi terkait kesempatan mahasiswa belajar dan mempersiapkan diri ke prancis. Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, maka pembaharuan kerjasama baru bisa dilakukan setelah keadaan pandemi meredah.

Diharapkan, IFI dapat memberikan atmosfer global dan menjembatani antara UMSU dan Perancis di bidang penelitian dan pendidikan. Kemudian, Fokus kerjasama ini dapat menghubungkan UMSU dan Universitas lyon Perancis atau universitas lainnya serta menghubungkan mahasiswa atau masyarakat Perancais dengan UMSU dalam program scholarship, atau internasional student. Agar mahasiswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan intership di perusahaan Perancis.

Sementara itu, di bidang hukum WR I Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Hum menginginkan adanya kerjasama dalam melaksanakan kuliah umum secara virtual dengan ahli hukum di Perancis. Sebab menurutnya, kerjasama ini perlu untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa, terkait benang merah antara hukum Belanda dan Indonesia untuk mengetahui perkembangan-perkembangan di bidang hukum di Perancis.

“Ini bukan pertama kalinya kerjasama dengan dengan Intitute Francais Indonesia, saya harap kerjasama ini tetap berlanjut dan segera diimplementasikan. Mudah-mudahan bisa terus berkolaboras dengan program-program kerjasama yang nyata, karena Warung Prancis di Perpustakaan kita sudah lama menjadi kebanggaan,” harap Rudianto.

Menyambut keinginan tersebut, Philomene Robin selaku Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas IFI mengajak UMSU turut bergabung di pertemuan virtual Joint Working Group (JWG) di 9 Juni 2022. Terdapat 30 universitas Perancis yang bisa dihubungi menjadi partner, sehingga JWG dapat menjadi reseprentatif kontak pertama UMSU dengan universitas di Perancis.

Penandatanganan MoU diwakili WR III UMSU Assoc. Prof. Rudianto, M.Si bersama Philomene Robin selaku Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas IFI. Pertemuan turut dihadiri dari UMSU Ketua LK UI UMSU Rafieqah Nalar Rizky, S.Sos.,M.A serta seluruh Pimpinan Prodi FKIP. Dari IFI Annisa Fauziah Wakil Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas dan Nur Hidayah Penanggung Jawab Campus France Medan. (Syaifulh)

Exit mobile version