Pemberdayaan Ekonomi Lazismu Pulang Pisau Bantu UMKM

Lazismu

Pemberdayaan Ekonomi Lazismu Pulang Pisau Bantu UMKM

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah – Pemberdayaan Ekonomi merupakan salah satu Pilar Program Lazismu yang menjadi fokus Lazismu Pulang Pisau dalam menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah untuk kemaslahatan umat.

Pemberian Bantuan Pemberdayaan UMKM adalah satu ikhtiar Lazismu Pulang Pisau melaksanakan amanah dari para donatu dsn muzakki  dengan menyalurkan zakat produktif untuk membantu mereka yang terdampak secara ekonomi agar mampu bangkit dan bertahan, serta dapat menghidupi keluarga  baik usaha yang sudah berjalan maupun yang sedang merintis.

Dalam acara Silaturahmi dan halal bihalal idul fitri 1443 H Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang  Pisau yang bertempat di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau , Lazismu Pulang Pisau memberikan bantuan pemberdayaan Usaha Mikro  Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2022.

Bantuan pemberdayaan UMKM Lazismu Pulang Pisau secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Pulang Pisau yang diwakili oleh  Asisten  I Bidang Pemerintahan dan Kesra  kepada tiga orang pelaku usaha kecil dan menengah,  baik yang sudah berjalan maupun yang sedang merintis.

Ketua Lazismu Pulang Pisau melalui Sekretaris Bonni Febrian , mengatakan bahwa program pemberdayaan UMKM ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Lazismu Pulang Pisau sekaligus sebagai pilot project penyaluran Zakat, infak dan sedekah melalui  program pilar pemberdayaan ekonomi.

“Untuk tahun 2022, InsyaAllah Lazismu Pulang Pisau  akan memberikan bantuan dan pembinaan UMKM kepada  5-10  pelaku usaha kecil dan menengah, dan akan kita lakukan pendampingan serta pembinaan, kami berharap agar para penerima manfaat  dapat sukses dan mandiri dalam menjalankan usahanya, dan yang terpenting adalah kelak dapat juga menjadi muzakki di kemudian hari” katanya.

Lanjut Bonni  menyampaikan laporan perolehan selama Ramadan 1443 H sebesar Rp. 107.839.529, dan telah disalurkan sebanyak Rp. 70.114.800 kepada 1682 penerima manfaat dalam berbagai program kegiatan ramadan, antara lain :  “Takjil tangguh” berbagi takjil, Ramadhan ceria sembako untuk dhuafa, ramadan new normal,  berbagi buka puasa untuk Rumah sakit Pulang Pisau,  “Guru tangguh” , bantu Marbot masjid, dan penyediaan makanan buka puasa selama ramadan di Masjid.

“Terima kasih kepada para donatur baik perseorangan maupun Lembaga yang telah bersinergi dengan Lazismu antara lain YBM PLN UPDK Palangkaraya dan PT Pelindo Pulang Pisau, semoga kedepan kita bisa berrsinergi dalam program-program kebermanfaatan lainnya, da Lazsmu Pulang Pisau siap bermitra dengan Lembaga lainnya untuk kemaslahatan umat” ujarnya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Pulang Pisau, H.M Syaripul Pasaribu, SE., MS.i menyampaikan apresiasi kepada Muhammadiyah dan ortom-ortomnya atas eksistensinya selama ini  seperti menghadirkan masjid  Muhammadiyah yang masih dalam tahap pembangunan dan semoga Pemerintah daerah juga bisa mendukung pembangunannya.  Apresiasi juga kepada Muhammadiyah dan Lazismu Pulang Pisau atas partisipasinya mendukung program pemerintah daerah , dalam upaya mengatasi pandemi  dengan berbagai kegiatan  seperti pemyemprotan, vaksinasi covid,  dan kegiatan sosial lainnya.

” Semoga kegiatan halalbihalal ini bisa rutin dilaksanakan dan dengan momentum ini lebih memperkuat,meningkatkan dan  mengembangkan berbagai program kegiatan Muhammadiyah dan  InsyaAllah pemerintah Daerah siap mensupport dan bersinergi” ujarnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Wakil ketua PWM bidang ekonomi dan kewirausahaan , Drs. H Muchtar, M.Si  turut mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah dan Lazismu Pulang Pisau  yang selama ini telah bersinergi  dengan pemerintah daerah,  ormas dan lembaga lain di bidang dakwah, pendidikan, pemberdayaan dan bidang-bidang lainnya.

” Apresiasi kepada Lazismu yang terus bergerak dengan program-program unggulan
maupun syiar yang selalu mewarnai di media sosial, harapannya perannya lebih ditingkatkan, seperti pesan Profesor Haedar, sistem harus kita taati, jaringan kita kembangkan , pada akhirnya akan bermuara kepada kepercayaan,  hingga keberadaan Lazismu benar benar bermanfaat bagi masyarakat” ujar Muchtar yang juga sebagai  Ketua Badan Pengawas Lazismu Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan silaturahmi dan halalbihalal itu, Lazismu juga membuka outlet Zakat, Infak dan sedekah di lobi Gedung pertemuan, sekaligus sarana syiar untuk mengenalkan produk-produk fundrising dan program penyaluran Lazismu Pulang Pisau.yang telah berjalan selama ini. ( Bonni )

Exit mobile version