UMSU Tingkatkan Mutu dengan Akreditasi Internasional

UMSU

UMSU Tingkatkan Mutu dengan Akreditasi Internasional

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi, menggelar workshop kurikulum Outcome Base Education, Akreditasi Internasional, International Organization for Standarization (ISO) dan Publikasi. Dilaksanakan di Auditorium UMSU – Jl. Muchtar Basri No.9 – Kota Medan, (27/05).

Menghadirkan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Dr. Ir. Gunawan Budianto, I.Pm dan Wakil Rektor 1 UMY, Prof. Dr. Ir. Sukamta, I.Pm sebagai pembicara pada workshop ini.
Prof Agussani pada kata sambutannya, ia mengatakan bahwa workshop ini menjadi salah satu proses memajukan UMSU, agar bisa sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

“Mari kita manfaatkan waktu yang singkat ini, nanti Prof Gun akan menyampaikan beberapa hal-hal pokok, Pak Nurmandi memberikan bimbingan singkat, dan WR I UMY Prof Sumkamta di bidang akademik akan becerita terkait bagaimana dengan isu-isu publikasi dan isu yang lain,” ujarnya.

Prof Agussani juga menyampaikan bahwa UMSU berhasil mencapai posisi ke-12 sebagai perguruan tinggi terbanyak yang proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)nya didanai. Lebih unggul dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Secara institusional, UMSU dan UMY memiliki kedekatan dalam mengembangkan dan memajukan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). Menurut Prof. Gunawan sejak 2012, dia sebagai Rektor UMY sudah mengenal UMSU, 2016 mulai gerlia ke UMSU menjadi pembina.

“Hasilnya tidak instan, semua perlu kesabaran, 10 tahun tapi dimulai dengan data yang menggambarkan ketidak mampuan UMSU. Luar biasa bahkan mengungguli UMY pada saat QS Star. UMSU starnya sudah 4. Ini luar biasa,” Rektor UMY turut bangga dengan keberhasilan UMSU.

Sementara itu, pengurus Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H.M. Noor Rachman Hadjam, S.U yang turut berhadir berikan arahan sudah saatnya UMSU meninggalkan fase pengembangan fisik, kemudian masuk ke fase pengembangan akademik.

“Tolong Pak Rektor, saat memilih orang-orang berkaitan dengan Akreditasi, Obe, kemudian publikasi itu harus dicari orang-orang yang gila. Ya betul-betul gila, artinya gila terhadap pekerjaan, tanggungjawab, komitmen yang tinggi dan sebagainya,” pesan Prof Noor.

Prof Noor percaya ke depannya UMSU dapat lebih bagus baik lagi dalam segi gedung, kebersihan dan khususnya mutu pendidikan.

Workshop ini turut dihadiri seluruh Pimpinan Program Pascasarjana dan Pimpinan Fakultas di Lingkungan UMSU. Para Pimpinan Program Studi UMSU, Kepala Biro Pusat dan Lembaga UMSU serta jajaran Badan Penjamin Mutu (BPM UMSU). (Syaifulh)

Exit mobile version