Giat Hari Lingkungan Hidup, Menanam Rumput Vetiver Anti Longsor

LLHPB PDA Kebumen Berkolaborasi dengan PDNA Kebumen

Giat Hari Lingkungan Hidup, Menanam Rumput Vetiver Anti Longsor

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kebumen berkolaborasi dengan PDNA Kebumen menginisiasi giat penanaman rumput vetiver/ akar wangi sejumlah 500 bibit yang merupakan bantuan dari BPDASHL Serayu Opak Progo, Ahad, 12 Juni 2022.

Sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022 “Only One Earth” Satu Bumi Untuk Masa Depan, Dukuh Kaliputih Desa Sempor kecamatan Sempor kabupaten Kebumen dipilih sebagai lokasi penanaman karena Desa Sempor masuk dalam zona merah desa dengan resiko bencana alam salah satunya tanah longsor. Sesuai dengan fungsi dari rumput vetiver yaitu sebagai penahan longsor, mencegah erosi dan banjir.

Seperti disampaikan oleh Ketua Karangtaruna Desa Sempor Agus Supriyanto  bahwa akar dari rumput vetiver ini dapat mencengkeram tanah sampai kedalaman kurang lebih 1,5 meter ke bawah tanah  mengikat kuat tanah sehingga tidak mudah longsor.

Kegiatan penanaman rumput vetiver ini didukung sepenuhnya oleh Muspika Kecamatan Sempor, Pemerintah Desa Sempor dan Asper Gombong Utara.

Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari kurang lebih 100 orang relawan dari berbagai unsur diantaranya Mahasiswa UNIMUGO, PCNA Sempor, MDMC Kebumen,:Destana Sempor, GP Ansor Sempor, LMDH Sempor dan Karangtaruna Desa Sempor. Turut hadir juga MLH PDM Kebumen, PDA Aisyiyah, PDNA Kebumen.

Ketua LLHPB PDA Kebumen Widyastuti, ST. MT  menyampaikan bahwa tujuan dari giat menanam rumput vetiver ini adalah sebagai upaya mitigasi bencana tanah longsor, dan diharapkan juga kepada Pemerintah Desa dan warga sekitar untuk ikut bersama-sama merawat apa yang sudah ditanam sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat sebagaimana mestinya. Diharapkan juga program penanaman ini dapat  berkelanjutan tentunya dengan dukungan dari Dinas terkait untuk pengadaan bibit tanamannya.

Terimakasih yang mendalam untuk semua pihak yang sudah mendukung berjalannya giat menanam rumput vetiver ini. KL Aisyiyah Kebumen, donatur, dan semua relawan. (intan)

Exit mobile version