Perkuat Fungsi Arbitrase, UMSU – Dewan Sengketa Indonesia Jajaki Kerjasama

Perkuat Fungsi Arbitrase, UMSU - Dewan Sengketa Indonesia Jajaki Kerjasama

Perkuat Fungsi Arbitrase, UMSU – Dewan Sengketa Indonesia Jajaki Kerjasama

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Dewan Sengketa Indonesia Sabela Gayo, S.H.,M.H kunjungi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) Jl. Kapten Mukhtar Basri Medan, Jumat (24/6/2022). Pada kunjungan itu dilakukan penjajakan untuk dilakukannya kerjasama antara Fakultas Hukum UMSU dengan Dewan Sengkata Indonesia dalam hal pelatihan mediator bagi mahasiswa Fakultas Hukum UMSU ke depan.

Kunjungan tersebut dilakukan Sabela Gayo usai acara pelantikan Pengurus Dewan Sengketa Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Hotel Santika Dyandra Medan.

Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr. Faisal SH. M.Hum mengatakan kredibilitas Dewan Sengketa Indonesia dalam menangani berbagai perkara menjadi peluang besar bagi mahasiswa Fakultas Hukum UMSU untuk menimba ilmu dari hal tersebut.

Oleh karena itu, Fakultas Hukum UMSU berencana untuk melakukan kerjasama dengan Dewan Sengketa Indonesia dalam bentuk pelatihan mediator bagi mahasiswa Fakultas Hukum UMSU.

“Fakultas Hukum UMSU sangat menyambut baik kedatangan Dewan Sengketa Indonesia, sehingga nantinya akan tercipta kerjasama antara Fakultas Hukum UMSU dengan Dewan Sengketa Indonesia sehingga nantinya mahasiswa akan menjadi lulusan yang memiliki kualitas yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat”, ujar Dr Faisal.

Selain itu, Dr Faisal menambahkan, pihak Fakultas Hukum UMSU akan menuangkan kerjasama ini kedalam kurikulum pendidikan sehingga peningkatan kualitas lulusan benar-benar terealisasi melalui penambahan kegiatan mahasiswa yaitu pelatihan mediasi.

“Peluang ini akan segera direspon dengan cepat dan menghasilkan penambahan sertifikat mediator yang menjadi pendamping ijazah bagi mahasiswa serta nantinya sertifikat ini dapat digunakan oleh mahasiswa setelah tamat dari bangku perkuliahan”, tambah Dr Faisal.

Sementara itu, Ketua Dewan Sengketa Indonesia Sabela Gayo, S.H.,M.H menyambut baik dan sangat antusias untuk melakukan pelatihan mediator bagi mahasiswa Fakultas Hukum UMSU.

“Saya sangat antusias dan berharap pelaksanaan pelatihan mediator bagi mahasiswa ini akan segera terlaksana dan didukung penuh oleh Dewan Sengketa Indonesia” ujar Sabela Gayo mengakhiri.

Pelantikan Dewan Sengketa Indonesia Sumut

Sebelumnya, Dekan Fakultas Hukum UMSU, Dr. Faisal menghadiri pelantikan Dewan Sengketa Indonesia Sumatera Utara di Hotel Santika Dyandra, Medan, Jumat (24/6). Hadir sekaligus menyampaikan sambutan pada acara pelantikan itu, Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr. Faisal. Pelantikan Dewan Sengketa Indonesia Sumatera Utara diharapkan dapat memperkuat proses penyelesaian sengketa hukum, khususnya dengan mediasi / abritrase.

Dekan Fakultas Hukum UMSU mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan kepada Mediator, Arbiter dan Konselor yang baru disumpah tersebut.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Dr.Faisal, S.H., M.Hum didampingi Wakil Dekan I Dr.Zainuddin S.H., M.H menyampaikan bahwa sosialisasi terkait hal mediasi di Indonesia sangat penting, karena mediasi/arbitrasi merupakan sebuah hak yang telah lama dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

“Sangat penting untuk melestarikan hal hal yang terkait dengan mediasi atau arbitrasi di Indonesia, karena hal ini terkit dengan Pengadilan, Kepolisian dan Kejaksaan yang sedang gencar melakukan Restorative Justice”, ujar Dr. Faisal.

Dr Faisal menambahkan, Restorative Justice terhadap beberapa tindak pidana yang dapat diselesaikan di luar pengadilan tentu ini merupakan hal yang sangat baik untuk dikembangkan sehingga tidak seluruh perkara yang dihadapkan yang dihadapi oleh masyarakat diproses pada tingkat pengadilan.

“Saya berpesan, bahwa penting bagi kita untuk memperkuat peran mediator, arbitor dan konselor ditengah tengah masyarakat”, ujar Dr Faisal mengakhiri. (Syaifulh)

Exit mobile version