Dosen UMSU Latih Kelompok Tani Buat Pupuk Bokasi

Dosen UMSU Latih Kelompok Tani Buat Pupuk Bokasi

Dosen UMSU Latih Kelompok Tani Buat Pupuk Bokasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Dosen Pertanian UMSU melatih Kelompok Tani Makmur Sejahtera di Kelurahan Denai, Kecamatan Denai, Kota Medan cara membuat, Pupuk Organik (Bokashi) Ahad (28/6).

Kegiatan itu dilaksanakan di lahan milik Marsani, anggota kelompok Tani Makmur Sejahtera , di di Kelurahan Denai, dengan dibimbing oleh Tim Pengabdian Mayarakat (PKM) Univeresitas Muhammadiyah yang di Ketua oleh Nana Trisna Kabaekan, S.P.,M.P dan didampingi anggota Kelompok Muhammad Alqamari, S.P.,M.P serta Rini Susanti, S.P.,M.P

Nana Trisna mengatakan, pelatihan ini merupakan program pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk memberi ilmu pengetahuan pada kelompok tani cara membuat pupuk organic dengan menfaatkan limbah yang ada disekitar kita.

“Ini juga salah satu untuk menghemat biaya dengan membuat sendiri dari pada membeli. Selain itu, untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia, dimana agak sulit didapatkan,” paparnya.

Dia menjelaskan, pembuatan pupuk organik ini bahannya gampang diketemui di lingkungan sekitar, antara lain kotoran sapi atau lembu, dedak, cairan mikro organisma M4 dan molase.

“Intinya pelatihan ini untuk mengajari kelompok tani membuat pupuk organic, sekaligus untuk menghemat biaya pengeluaran bercocok tanam,” tukasnya.

Selain memerikan pelatihan pembuatan pupuk organic pada kesepatan ini juga tim memberiakan alat pertanian dan memerikan bibit sayuran seperti sawi, bayam dan kangkung untuk usaha tani.

Sementara itu, Marsani mengucapkan terima kasih pada Tim PKM Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang telah memberikan ilmu membuat pupuk organik dengan praktek langsung dilapangan.

“Kami merasa bersyukur telah diajari membuat pupuk organik. Setidaknya pengeluaran kami berkurang untuk bercocok tanam, terutama tanaman sayuran yang kami tanam” paparnya. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version