Lazismu Umbulharjo Akhiri Puasa Kurban Sapi Masjid Al Furqon 

Ada Pemberian Emas Batangan untuk Jamaah

Lazismu Umbulharjo Akhiri Puasa Kurban Sapi Masjid Al Furqon 

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – LazisMu Umbulharjo Yogyakarta kembali menyelenggarakan Bakti Sosial dalam rangka Iedul Adha 1443 Hijriah bertempat di Masjid Al Furqon, kecamatan Girisubo kabupaten Gunungkidul pada hari Senin, 11 Juli 2022. Dalam kegiatan kemanusiaan ini LazisMu Umbulharjo juga di bersamai oleh Keluarga Besar Muhammadiyah se-Umbulharjo, HMPS PGPAUD Universitas Ahmad Dahlan, dan  didukung oleh seluruh AUM di Umbulharjo . Bakti Sosial ini di hadiri oleh seluruh Jamaah Masjid Al Furqon Girisubo.

Bakti Sosial oleh Lazismu Umbulharjo merupakan Program dalam “Pilar Sosial Kemanusiaan” yaitu bentuk penyaluran dari para dermawan melalui LazisMu Umbulharjo untuk meringankan/membantu kepada warga yang membutuhkan. Momentum Iedul Adha menjadikan bakti sosial ini lebih bermanfaat dan berkesan.

Kegiatan Bakti sosial ini diawali dengan sambutan oleh beberapa elemen yang hadir seperti Pimpinan Cabang Muhammadiyah Girisubo dan Umbulharjo serta Perangkat Dusun setempat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pengajian Akbar yang di sampaikan oleh H. Ruslan, M.Pd,. dengan pembawaan  unik dan khas yang menjadikan para jamaah antusias dalam mengikuti pengajian, ditambah setelah pengajian disambung dengan dorprize yang diadakan oleh LazisMu Umbulharjo. Ada hal yang spesial untuk dorprize yang diadakan LazisMu Umbulharjo yaitu, dengan memberikan hadiah emas batangan kepada 3 orang dengan kategori : Jamaah paling rajin ke masjid, remaja penggerak kegiatan masjid, jamaah paling kurang mampu.

Tujuan di berikan dorprize spesial tersebut adalah untuk memancing para jamaah yang lain untuk bisa lebih aktif dalam berkegiatan di masjid serta, lebih peduli dengan jamaah lain yang membutuhkan bantuan, hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Kantor LazisMu Umbulharjo Abdul Rosyid,S.Pd,. bahwa kunjungan ini bukan untuk pertama dan terakhir kalinya. Namun, InsyaAllah masjid Al Furqon akan menjadi masjid binaan LazisMu Umbulharjo. Tandas Afrian Zakaria dari Lazismu Umbulharjo kepada contributor pada Rabu 13 Juli 2022.

Selanjutnya, agenda dilanjutkan dengan pembagian paket sembako gratis untuk seluruh warga yang berjumlah  82 Kepala Keluarga dan penyembelihan hewan qurban dengan jumlah 1 ekor sapi dan 12 kambing dari para dermawan melalui Lazismu Umbulharjo.

Beberapa kegiatan pendukung yang tidak kalah penting dalam rangka Bakti Sosial ini yaitu: Bazar Pakaian Murah, Sembako Murah,Kebutuhan sehari-hari, alat tulis, pengajian anak-anak dan pengobatan gratis. Adapun hasil dari bazar murah kembali disalurkan untuk oprasional Masjid Al Furqon Girisubo dan bantuan dakwah untuk PCM Girisubo.

Bendahara PCM Girisubo H. Ruslan, M.Pd  menyampaikan “Matursuwun sanged sampun dibantu saking rencang-rencang LazisMu Umbulharjo kaliyan Muhammadiyah Umbulharjo, niki saged dingge semangat kangge PCM Girisubo, amergi nek mboten dibantu rencang-rencang saking kutho niku semangate kurang, matursuwun sudah di perhatikan (Terimaksih banyak sudah dibantu dari teman-teman LazisMu Umbulharjo dan Muhammadiyah Umbulharjo, acara ini mampu menjadi pemantik semangat untuk PCM Girisubo, karena jika tidak dibantu dari teman-teman dari kota itu semangatnya kurang. Terimakasih sudah diperhatikan)  ”

Pak Supri, Ketua Takmir Masjid Al Furqon  juga rasa bersyukurnya ” Terimakasih sudah memilih Masjid Al Furqon sebagai tempat Iedul Qurban. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini bisa menambah rukun dan semangat warganya untuk ke masjid, dan sudah lama warga Dusun Duwet itu tidak qurban sapi dan beberapa tahun belakangan inipun qurban kambing jika tidak ada bantuan dari luar kami tidak bisa berqurban. Harpannya kedapan Masjid Al Furqon bisa menjadi Masjid Binaan LazisMu Umbulharjo.”

“Alhamdulillah remen sanget pak, sampun onten kegiatan iki. Sampun di bantu macem-macem, poro wargo remen saestu. Mbokbileh onten klenta-klentu saking wargo njih nyuwun ngapunten.( Alhamdulillah suka sekali pak karena ada kegiatan ini. Sudah di bantu banyak hal, para warga suka semua. Jika ada kesalahan dari warga kami minta maaf yang sebesar-besarnya)” , Pak Giyanto, Jamaah Masjid Al Furqon.

Mudah-mudahan bakti sosial kali ini dapat menjadi pemicu untuk warganya menjadi lebih semangat beibadah dan peduli terhadap sekitar. Kemudian, terimakasih banyak kepada KBM FKIP UAD dan  para dermawan sekalian yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu atas support, doa dan amanah yang diberikan kepada kami. Semoga jadi amal jariyah dermawan sekalian. Semoga agenda seperti ini  dapat terus kami agendakan untuk meringankan dan membantu antar sesama. (Ariefh/Riz)

Exit mobile version