Ketua LKSA – PSAA Jateng Berikan Motivasi PAY ‘Aisyiyah Istiana Bunda

Ketua LKSA - PSAA Jateng Berikan Motivasi PAY ‘Aisyiyah Istiana Bunda

KENDAL, Suara Muhammadiyah – Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Sosial Anak Asuh (PSAA) Jawa Tengah, Budiyanto memberi motivasi tentang meraih masa depan yang produktif dan mandiri kepada anak – anak Panti Asuhan Yatim (PAY) Aisyiyah Istiana Bunda Truko, Kangkung, Kendal.

Pemberian motivasi dimaksudkan supaya anak – anak panti asuhan memiliki semangat menyongsong masa depan yang mandiri, sukses dan membawa keberkahan.

“Meskipun kalian anak yatim dan hidup di panti asuhan bukam berarti masa depan suram, ada peluang yang sama supaya sukses seperti anak-anak yang diasuh oleh kedua orang tuanya” kata Budiyanto dihadapan jajaran pengasuh dan 56 anak – anak PAY Istiana Bunda Kangkung pada Senin (8/8) di aula PAY tersebut.

Menurut Budiyanto, upaya yang perlu dilakukan oleh setiap PAY Muhammadiyah dalam rangka menciptakan kemandirian anak – anak salah satunya adalah memiliki usaha ekonomi produktif yang dikelola oleh PAY setempat.

“Di situlah anak – anak PAY diberdayakan melalui ekonomi produktif sebagai media pembelajaran supaya mereka ikut mengelola dalam rangka menambah penghasilan ekonomi PAY, sehingga anak – anak bisa belajar sebagai tugas utamanya,  juga tidak selalu menggantungkan bantuan dari para donatur dan pemerintah,” bebernya.

Budiyanto mengaku pernah hidup sebagai anak panti dan sekarang menjadi bos toko elektronik dan furniture CS Amalia di dua tempat yang berbeda, jejaknya bisa ditiru.

“Saya telah mewujudkan mimpi dari panti, cita -cita menjadi pengusaha, dari tukang koran menjadi tukang keliling dunia,” ungkapnya.

Kepada para pengasuh PAY, dia yang juga Bendahara PDM Kendal meminta agar anak – anak PAY harus dibranding untuk masa depannya melalui semangat kemandirian sejati dan menempatkan masa depan mereka sebagai manusia berkarakter al yadul ‘ulya khairu min yadul sufla, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah.

“Anak – anak PAY masa depannya harus mandiri dan sukses, karena pemimpin dunia (Nabi Muhammad SAW) juga anak yatim dan sukses memimpin dunia,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PCM Kangkung, Junaedi berharap motivasi yang disampaikan mampu membangkitkan semangat anak – anak untuk terus maju dan berkembang.

“Jangan khawatir. Kalau kalian rajin, insya Allah pendidikan kalian tidak hanya sampai SLTA, kami siap membiayai kalian sampai pendidikan tinggi,” katanya.

Sedangkan pengasuh PAY Istiana Bunda, Muslikhah berharap kepada para pengasuh dan anak – anak panti, motivasi tersebut bisa menjadi inspirasi dan memberikan pencerahan sehingga ke depan keberadaan PAY Istiana Bunda mampu mengantarkan anak – anak bisa mandiri dan sukses

“Upaya selalu kita lakukan dalam memberdayakan seluruh anak panti agar ke depan mereka bisa hidup mandiri, produktif dan  menjadi kader persyarikatan” harap Muslikhah.

Kegiatan motivasi ditutup dengan buka puasa asyura, sholat maghrib berjamaah, dan pemberian bingkisan dari para donatur kepada seluruh anak – anak PAY Istiana Bunda. (fur)

Exit mobile version