UMSU Apresiasi 200 Mahasiswa Berprestasi

UMSU Apresiasi 200 Mahasiswa Berprestasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani MAP bersama tiga wakil rektor bersilaturrahim dengan 200 mahasiswa berprestasi, baik ditingkat regional, nasional dan internasional. Silaturrahim yang berlangsung Rabu (31/8) itu sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memberi apresiasi atas prestasi yang dihasilkan. Apresiasi juga diberikan rektor kepada dosen pendamping.

Rektor UMSU Agussani menegaskan bahwa sinergisitas yang solid oleh berbagai pihak, komitmen yang kuat dan pengalaman yang cukup lama menjadikan UMSU selalu menghasilkan prestasi mahasiswa diberbagai ajang kompetisi. ” Saya bangga dengan prestasi kalian semua. Hasil yang diraih sesungguhnya sejalan dengan prestasi Universitas,” kata Rektor. UMSU saat ini sedang melakukan proses akreditasi dari ‘A’ menjadi “Unggul”.

Rektor mengingatkan semua pihak, dosen dan mahasiswa, untuk tidak terlena. Kompetisi semakin ketat, prestasi yang sudah diraih selain perlu disyukuri juga perlu dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik. ” Pengalaman UMSU selama bertahun-tahun semoga menjadi modal kuat untuk terus meraih prestasi,” tegas Agussani.

Silaturrahim Rektor dengan 200 mahasiswa berpresasi yang berlangsung di Auditorium Kampus Utama UMSU, Jalan Muhtar Basri, dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, Wakil Rektor III Dr. Rudianto, Pimpinan Fakultas dan Lembaga dilingkungan UMSU.

Berbagai Prestasi Mahasiswa UMSU

Pertemuan diawali laporan Wakil Rektor III Dr. Rudianto yang menjelaskan berbagai proses pembinaan dan ajang kompetisi yang dilakukan UMSU baik pada even regional, nasional dan internasional. ” Ada dua jenis kompetisi yang kini sedang dipersiapkan, yakni Kompetisi Robotik dan Kompetisi Kapal Cepat tanpa Awak. Doakan UMSU bisa terlibat di dua jenis kompetisi berbasis teknologi ini,” kata Rudianto.

Saat ini ratusan mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti pertukaran mahasiswa merdeka ( 181 mahasiswa ), Indonesia internasional student mobility award ( 1 mahasiswa ), KKN di Universitas Malaysia Perlis ( 6 mahasiswa), pertukaran mahasiswa merdeka ( 64 mahasiswa), magang bersertifikat ( 74 mahasiswa), studi independen bersertifikat bacth-3 ( 119 mahasiswa), Magang di BUMN ( 25 mahasiswa), program kampus mengajar ( 103 mahasiswa ) dan PMMB FHCI ( 17 mahasiswa ).

Dilaporkan, untuk kegiatan PKM PTN-PTS se-Indonesia tahun 2022, UMSU berhasil masuk ke 12 besar dengan meloloskan 17 proposal pendanaan. Demikian juga untuk PKM khusus Perguruan Tinggi Muhammadiyaha (PTM) se-Indonesia, UMSU berhasil menduduki posisi pertama.

Sementara itu, untuk Perguruan Tinggi Swasta, UMSU juga berhasil menempati posisi pertama. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dilingkungan L2DIKTI, UMSU juga menempati posisi pertama diikuti UISU dan UMA diposisi ke dua dan ke tiga.

Masih seputar prestasi mahasiswa UMSU. Saat ini ratusan mahasiswa UMSU menerima bantuan beasiswa melalui berbagai program. Misalnya, ada 150 mahasiswa yang menerima beasiswa dari program KIP-Kuliah, kemudian 10 mahasiswa menerima beasiswa dari Baznas, 11 mahasiswa menerima beasiswa dari prestasi atlet, 11 mahasiswa menerima beasiswa atas prestasi pada ajang MTQ dan ada 20 mahasiswa yang menerima beasiswa dari Prestasi OSC (Olimpiade Sains Competation).

Silaturrahim ditandai dengand hadirnya salah seorang mahasiswa berprestasi, Yusuf (FKIP) memberikan testimoni seputar pengalamannya berhasil meraih mahasiswa berprestasi ( Pilmapres) terbaik. Yusuf mengatakan, keberhasilan adalah kombina yang baik antara kemauan kuat mahasiswa, dukungan kampus melalui fasilitas dan pendampingan yang dilakukan.

Silaturrahim antara mahasiswa berprestasi dan dosen pendampinging ditandai dengan berlangsung sesi foto bersama Rektor, Pimpinan Universitas, dosen pendamping dan mahasiswa. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version