Bertekad Masuk PIMNAS, 3 Kelompok PKM FISIP UMSU Launching Produk

Bertekad Masuk PIMNAS, 3 Kelompok PKM FISIP UMSU Launching Produk

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) menggelar launching (peluncuran) inovasi dan produk hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nasional tahun 2022 di Aula FISIP, Kampus Mukhtar Basri, Medan, Selasa (6/9). Hasil Produk yang dilaunching tersebut berasal dari 3 (tiga) kelompok mahasiswa FISIP UMSU yang sebelumnya proposalnya mendapatkan pendanaan tahun 2022 dari Kemendikbud Ristek RI.

“Launching ini sebagai wujud dukungan dari fakultas dan program studi kepada tiga kelompok PKM mahasiswa FISIP UMSU yang sudah melakukan kegiatan dan sedang menyiapkan laporan hasil,” ujar Dra. Yurisna Tanjung, MAP, WD 3 FISIP dalam laporannya. Menurutnya, kegiatan ini juga bagian dari memberi semangat kepada mahasiswa agar karyanya bisa tembus ke ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2022 yang direncanakan digelar di UMM Malang.

Selain menghadirkan tiga kelompok PKM mahasiswa, acara tersebut juga diikuti WR 3 UMSU Dr. Rudianto, M.Si, Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh, MSP, WD 1 Dr. Abrar Adhani, Ketua Prodi dan Sekretaris Ilmu Komunikasi Akhyar Anshori dan Faizal Hamzah Lubis, Ketua dan Sekretaris Prodi Kesejahteraan Sosial Mujahiddin dan Sahran Sahputra, Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Publik Ananda Mahardika dan Jehan Ridho Izharsyah, SRCC UMSU Edy Prayetno, dan dosen FISIP lainnya.

Selain itu, hadir juga beberapa perwakilan dari instansi pemerintah, yakni Ismail Marzuki, S.Pd, MAP, Kepala Bidang PAUD/TK dan PNF Dinas Pendidikan Kota Medan, Puji Mentari Latuperissa, S.STP., MAP, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provsu, dan H. Yose Rizal,S.Ag, MM, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Medan.

Inovasi dan produk 3 kelompok PKM yang dilaunching tersebut adalah Aplikasi Mata Kita untuk membantu aktivitas Tunanetra, Komik ITO yang berisi tentang Pariwisata Sumut yang kertasnya berasal dari bahan kertas daur ulang. Kemudian Buku Tiga Dimensi untuk memudahkan belajar Huruf Hijaiyah bagi anak sekolah dasar.

Secara bergantian, masing-masing kelompok menyajikan dan memaparkan inovasi dan produknya. Para mahasiswa terlihat sangat menguasai produknya dan ini terbukti ketika sesi tanya jawab, masing-masing kelompok mampu menjawab dan menjelaskannya.

Wakil Rektor III Dr. Rudianto, M.Si dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan terima kasih kepada fakultas dan prodi yang telah melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan semangat mahasiswa. “Kegiatan ini juga menindaklanjuti bagaimana pentingnya sinergisitas serta kolaborasi universitas dan kampus dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kota Medan, serta instansi lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP dalam sambutannya menyampaikan rasa gembiranya dengan inovasi dan produk yang dihasilkan mahasiswa melalui kegiatan PKM. “Prestasi ini penting disampaikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan bisa menjadi alternatif solusi dalam mengatasi beberapa persoalan yang ada di masyarakat. Selain itu, kami juga berharap mahasiswa makin semangat sehingga inovasi ini bisa terus lanjut hingga ke ajang PIMNAS 2002,” katanya. (syaifulh /riz)

Exit mobile version