Diversifikasi Produk Lele Jadi Abon dan Kamaboko

Diversifikasi Produk Lele Jadi Abon dan Kamaboko

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan elemen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud  nyata memberikan kontribusi langsung  melalui pelatihan kepada  masyarakat  berupa ilmu  yang dapat  dipraktekkan.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Desa Kembangsari, Srimartani, Kec. Piyungan, Kab. Bantul pada tanggal 20 dan 24 Agustus 2022 dengan tema “Pelatihan Diversifikasi Produk dan Legalitas Usaha Ikan Lele”.

Hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 20 Agustus 2022. Pelaksanaan kegiatan pada hari pertama di mulai dari absensi, pembukaan, sambutan dari Ketua Kelompok Sentra Budidaya Ikan Lele Kembangsari dan perwakilan UAD, penyampaian materi oleh Dr. Nurul Hidayah, S.Si dan Syifa Fitriani, S.T., M.Sc. dengan memaparkan materi diversifikasi produk berbahan dasar ikan lele.

Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan produk abon lele dan kamaboko lele sebagai contoh produk diversifikasi. Di akhir kegiatan di hari pertama ditutup dengan evaluasi kegiatan.

Hari kedua dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 24 Agustus 2022. Pelaksanaan kegiatan pada hari kedua di mulai dari absensi, pembukaan, sambutan dan penyampaian materi pertama oleh Amalya Nurul Khairi, S.TP., M.Sc. Selanjutnya penyampaian materi oleh Safinta Nurindra Rahmadhia, S.Si., M.Sc dan Jefree Fahana, S.T., M.Kom dilanjutkan tanya jawab. Di akhir kegiatan di hari kedua ditutup dengan pemberian ucapan terima kasih oleh peserta kelompok sentra budidaya ikan lele dan berfoto bersama.

Penyampaian materi pada hari kedua dengan tema “Legalitas Usaha”, narasumber memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada  masyarakat  yang  memiliki usaha.  Faktor pendukung kegiatan usaha yaitu manajemen dan legalitas usaha.

Hal ini ditujukan agar kegiatan usaha yang dijalankan tidak hanya berorientasi pada profit semata, melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha. (Rpd)

Exit mobile version