Dosen dan Tendik PBI UAD Ikuti Uji Kompetensi Bidang Tourism dan Experiential Learning

Dosen dan Tendik PBI UAD Ikuti Uji Kompetensi Bidang Tourism dan Experiential Learning

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk  memperkuat kualitas SDM, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  (PBI) Universitas Ahmad Dahlan mengirimkan 20 dosen dan tenaga kependidikan (tendik) mengikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Pelatihan & Uji Kompetensi bidang Tourism dan Experiential Learning.

Kegiatan ini merupakan salah satu  implementasi dari kegiatan yang didanai dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022 oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dikti-Ristek) yang bertujuan untuk meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.

Wakil Rektor bidang Akademik UAD, Rusydi Umar menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya program ini. “Sertifikasi kompetensi seperti ini sangat penting dan strategis agar para dosen PBI mempunyai widening competency yang kompetitif serta mengembangkan  pengetahuan dan ketrampilan menuju program studi yang diakui secara internasional. Selain itu, saya berharap para dosen dan tendik di PBI bisa berkontribusi signifikan dalam pengembangan industri pariwisata yang sedang bangkit ini,” ujarnya, Kamis (22/08/2022).

Program ini dilaksanakan mulai 22-31 Agustus 2022 yang diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan. Keterlibatan dosen dan tendik sangat strategis sebagai bentuk investasi pengetahuan dan keterampilan bagi SDM di Prodi PBI untuk peningkatan kualitas unit agar lebih professional dan kompetitif. Kegiatan ini dilaksanakan oleh LSPP JDI (Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia), salah satu LSPP terkemuka di Yogyakarta yang telah mendapat lisensi sebagai penyelenggara pelatihan dan uji kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Kegiatannya meliputi pelatihan yang berisi pemberian materi kompetensi bidang pariwisata yang meliputi skema tour guide, travel consultant, tour leader dan marketing communication specialis. Selain itu juga diberikan pelatihan untuk skema experiental learning. Usai kegiatan pelatihan, para peserta selanjutnya mengikuti Uji Kompetensi Teknis sesuai skema yang di ikuti, yang meliputi ujian tertulis, lisan dan demonstrasi.

Ani Susanti, Kaprodi PBI UAD berharap hasil yang maksimal dari kegiatan ini “Kami berharap para dosen dan tendik mengikuti pelatihan ini sepenuh hati dan full-commited dan bisa lulus uji kompetensi semua sehingga peningkatan produktivitas kerja  dan pada akhirnya meningkatkan reputasi lembaga di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya. [Riz)

Exit mobile version