• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Sabtu, Desember 13, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Tingkatkan Kreativitas Murid melalui Project Based Learning (PjBL)

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
13 Oktober, 2022
in Berita
Reading Time: 2 mins read
A A
0
Tingkatkan Kreativitas Murid melalui Project Based Learning (PjBL)
Share

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas murid diperlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan di dalam kelas.

Seperti yang dilakukan oleh oleh Andi Arfianto, guru Matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Ia mengaplikasikan Model Project Based Learning (PjBL) dalam materi mengenal bilangan pecahan, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga

Pagelaran Kreativitas Mahasiswa PIAUD STAIM Klaten sebagai Luaran Mata Kuliah

Hadirkan Kreativitas Siswa, SD Muhsurya Gelar Karya P5

Menurut Andi, PjBL merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi murid untuk memperdalam pengetahuan sekaligus mengembangkan kemampuan diri sendiri melalui kegiatan memecahkan masalah dan investigasi.

“PjBL dibangun atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi murid terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok,” ujarnya.

Menurut Andi, model PjBL merupakan pendekatan pembelajaran di mana murid bebas untuk merencanakan aktivitas belajar melaksanakan projek, dan menghasilkan produk kerja yang bisa dipresentasikan kepada orang lain.

“Model PjBL adalah pembelajaran inovatif yang berpusat pada murid dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Kedudukan guru hanya sebagai fasilitator dan motivator,” ujarnya.

Selanjutnya Andi menyampaikan enam langkah pembelajaran, yaitu pertama, penentuan pertanyaan mendasar. Dalam kegiatan ini guru mengajukan pertanyaan pemantik. “sudahkah kalian mengenal bilangan pecahan ?” Dalam praktik di lingkungan sekitar, kegiatan apa yang berkaitan dengan pecahan ?”

Kedua, mendesain perencanaan proyek. Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok, beranggotakan 4-5 anak yang heterogen. Guru memastikan setiap murid mengetahui prosedur pembuatan produk. Murid mempersiapkan diri meliputi persiapan alat, bahan, media, dan sumber yang dibutuhkan.

Ketiga, menyusun Jadwal pelaksanaan projek. Guru dan murid membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan produk dan menyusun jadwal penyelesaian projek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama selama 10 menit.

Keempat, memonitor keaktifan dan perkembangan projek. Murid melakukan pembuatan projek pengenalan bilangan pecahan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disampaikan oleh guru. Guru memantau keaktifan murid selama melaksanakan projek, memantau realisasi perkembangan, dan membimbing jika mengalami kesulitan.

Kelima, menguji hasil. Pada langkah ini, guru berdiskusi dan memantau keterlibatan murid, mengukur ketercapaian standar, dan membahas kelayakan projek yang telah dibuat dan yang akan dipaparkan di depan kelas.

Keenam, evaluasi pengalaman belajar. Setiap kelompok mempresentasikan hasil produk yang mereka buat, kemudian ditanggapi oleh guru. Di akhir kegiatan, murid dan guru membuat simpulan.

Salah satu murid kelas IV, Astranarendra Pramoedya Ananta Kusuma, mengaku senang dengan kegiatan pembelajaran Matematika hari ini.

“Pembelajaran sangat seru dan menyenangkan, apalagi kelompok saya paling awal menyelesaikan projek.” ungkapnya. (Nikmah Hidayati)

Tags: kreativitasPjBL
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Pagelaran Kreativitas Mahasiswa PIAUD STAIM Klaten sebagai Luaran Mata Kuliah
Berita

Pagelaran Kreativitas Mahasiswa PIAUD STAIM Klaten sebagai Luaran Mata Kuliah

18 Juli, 2023
Hadirkan Kreativitas Siswa, SD Muhsurya Gelar Karya P5
Berita

Hadirkan Kreativitas Siswa, SD Muhsurya Gelar Karya P5

17 Mei, 2023
Memperindah Kampus, Lomba Mural Unjuk Kreativitas Mahasiswa UMS 
Berita

Memperindah Kampus, Lomba Mural Unjuk Kreativitas Mahasiswa UMS 

20 Maret, 2023
Next Post
UNMUHA Apresiasi 20 Dosen Atas Publikasi Karya Ilmiah

UNMUHA Apresiasi 20 Dosen Atas Publikasi Karya Ilmiah

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In