Pengamatan Pastron UAD: Gerhana Bulan Total Terakhir sampai 2025

Pengamatan Pastron UAD: Gerhana Bulan Total Terakhir sampai 2025

Pengamatan Pastron UAD: Gerhana Bulan Total Terakhir sebelum 2025

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki pusat studi astronomi (Pastron). Melalui kerjasama dengan berbagai pihak, pengamatan gerhana bulan total beserta rangkaian kegiatan yang ada dapat dilaksanakan dengan baik, Selasa, (8/11).

Istimewanya, gerhana bulan total yang terjadi tersebut merupakan Gerhana Bulan Total yang terakhir kali sebelum tahun 2025 yang akan datang.

UAD menyiapkan setidaknya 7 teleskop dengan berbagai jenis lensa dan detektor cahaya. Teleskop ini dapat digunakan oleh masyarakat dengan didampingi oleh pemandu untuk mengamati gerhana yang terjadi. Selain itu, civitas akademik juga melakukan salat gerhana yang diawali dengan diskusi ilmiah.

Salat Gerhana dilakukan di Masjid Islamic Center UAD dengan imam yaitu Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag dan sebagai khatibnya yakni Dr. H. Ruslan Fariadi AM, S.Ag., M.S.I. adapun diskusi atau kajian ilmiah dan syariah disampaikan oleh H. Rahmadi Wibowo, Lc., MA., M.Hum. Ketiganya merupakan dosen UAD yang juga aktif di Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Pusat Tarjih Muhammadiyah UAD, Takmir Masjid Islamic Center UAD, Pastron UAD, LazisMu UAD, LPSI UAD dan Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan (PERSADA).

Yudhiakto Pramudya, Ph.D yang aktif di kegiatan Pastron UAD menjelaskan bahwa,Teleskop yang ditempatkan di Observatorium UAD akan menayangkan secara live dan menjadi salah satu titik observasi di jejaring pengamatan nasional. Selain UAD, Observatorium Ilmu Falak UMSU dan Pudiastro IKIP Muhammadiyah Maumere juga menayangkan rangkaian peristiwa gerhana bulan total.

Sementara itu, Ketua Pusat Tarjih Muhammadiyah UAD, Budi Jaya Putra, M.H menjelaskan bahwa peristiwa gerhana bulan total ini menjadi momentum untuk meningkatkan pemahaman falak khususnya pada umat Islam. Muhammadiyah senantiasa mencerahkan masyarakat dengan kajian keilmuan astronomi dan tuntunan ibadah berkaitan dengan falak. (B/D)

Exit mobile version