Milad UM Metro ke-56 Tepat di Milad Persyarikatan

Milad UM Metro ke-56 Tepat di Milad Persyarikatan

METRO, Suara Muhammadiyah – Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah (UM) Metro memiliki sejarah yang cukup panjang. Meski secara resmi dinyatakan sebagai Universitas pada tahun 1990, keberadaan UM Metro sudah memiliki cikal bakal di tahun 1966 tepatnya pada 18 November yang bermula bernama Universitas Muhammadiyah Jakarta Cabang Lampung di Kota Metro.

UM Metro merupakan PTMA pertama di Lampung meski sebelumnya merupakan bagian dari UMJ. Nama yang begitu panjang dan masih dibayang-bayang UMJ tersebut, kemudian mulai mandiri dan bertranformasi menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro. Selanjutnya beberapa Sekolah Tinggi Muhammadiyah juga mulai berdiri di UM Metro seperti (1) Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Metro, (2) Sekolah Tinggi Teknik Muhammadiyah Metro, dan (3) Sekolah Tinggi Ushuluddin Muhammadiyah Metro.

Setelah merger, keempat Sekolah Tinggi tersebut selanjutnya menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE) yang saat ini berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT) serta Fakultas Ushuluddin (FU), dalam perkembangan selanjutnya Fakultas Ushuluddin menjadi Fakultas Agama Islam (FAI). Untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga profesional di masyarakat, maka tahun akademik 1997/1998 dikembangkan program Diploma Tiga (D3) Manajemen Informatika Komputer yang saat ini berganti nama menjadi D3 Sistem Informasi, dan pada tahun akademik 2002/2003 dibuka Fakultas Hukum, kemudian secara berturut-turut pada tahun 2006, dibuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan D3 Akuntansi, dan D3 Manajemen Keuangan dan Perbankan yang saat ini berganti nama D3 Perbankan dan Keuangan.

Selanjutnya perkembangan UM Metro terus berlanjut ditandai dengan dibukanya Program Pascasarjana S2 Pendidikan Biologi pada tahun 2012, disusul dibukanya Prodi S2 Manajemen pada tahun 2013, dan Prodi S2 Manajemen Pendidikan pada tahun 2014 yang saat ini juga berganti nama menjadi S2 Administrasi Pendidikan.

Lalu pada tahun 2017, UM Metro kembali membuka dua Prodi secara bersamaan yakni Prodi S1 Ilmu Komputer dan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kehadiran Prodi S1 Ilmu Komputer menjadikan lahirnya Fakultas baru yang diberi nama Fakultas Ilmu Komputer dengan menaungi 2 Prodi yakni Prodi S1 Ilmu Komputer dan D3 Sistem Informasi.

Pada Tahun 2019, UM Metro memperoleh izin pembukaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk dua bidang yakni Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Sejarah.

Perkembangan UM Metro tentu tidak hanya berhenti sampai di sini. Pada tahun 2020, UM Metro kembali memperoleh izin pendirian Prodi D3 Fisioterapi. Kemudian pada tahun 2022, terdapat 5 prodi yang ikut menjadi bagian dari UM Metro yakni Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S2 Pendidikan IPA, S2 Hukum, dan S2 Pendidikan Matematika.

Tepat pada 18 November 2022 mendatang, UM Metro dinyatakan resmi berumur 56 tahun. Buat sivitas akademika UM Metro atau pun masyarakat umum yang ingin mengunduh logo milad UM Metro ke-56, silahkan unduh di sini.

Exit mobile version