SDIT Muhammadiyah Manggeng Study Tour Perdana ke SLB 

SDIT Muhammadiyah Manggeng Study Tour Perdana ke SLB 

ABDYA, Suara Muhammadiyah – Dalam kunjungan sekaligus silaturrahmi SDIT Muhammadiyah Manggeng ke SLBN Aceh Barat Daya pada Selasa 10 Januari 2023 yang merupakan kali pertama siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng bersilaturrahmi dengan siswa SLB Negeri Aceh Barat Daya.

Kedatangan rombongan di sambut ramah oleh seluruh guru dan siswa SLB. Siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng di ajak berkeliling melihat suasana sekolah yg diperuntukan untuk anak anak berkebutuhan khusus tersebut. Seluruh siswa diperkenalkan dengan masing masing jenjang pendidikan yg ada di SLBN Aceh Barat Daya, yg tersiri dari SDLB, SMPLB dan SMALB.

Selain diajak berkenalan dengan lingkungan sekolah dan fasilitas sekolah, siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng juga di ajak bercengkerama langsung dengan siswa siswa SLB. Mereka juga diedukasi bagaimana menggunakan bahasa isyarat yg sebelumnya belum pernah mereka pelajari.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SLBN Aceh Barat Daya, Murniati, S. Pd. menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan ini, Ia juga menyampaikan bahwa seluruh siswa SLB berjumlah 115 siswa, 60 diantaranya berada pada jenjang SD, 23 siswa jenjang SMP dan 32 siswa di jenjang SMA.

Seluruh siswa tersebut merupakan siswa berkebutuhan khusus, yang terdiri dari tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, autis dan lufision. Selain itu beliau juga memberikan edukasi tentang keseharian siswa SLB dalam kegiatan belajar mengajar.

Tak kalah membanggakan beberapa di antaranya juga berhasil mendapatkan juara di tingkat nasional di bidang seni karya melukis, puisi dan menari. Hal itu dibuktikan dengan tampilan memukau mereka di depan siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng.

Bersamaan dengan penampilan memukau siswa SLB tersebut, siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng T. Aufa dan Uswa Satirah juga mengajak Agustian salah satu siswa SLB yang juga hafiz quran untuk estapet (saling sambung) ayat bersama didepan seluruh siswa.

Risa muliana, S.Pd.I, Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Manggeng yang ikut hadir pada kunjungan tersebut menyampaikan rasa bangganya kepada siswa SLBN Aceh Barat Daya, yang berhasil memberikan inspirasi kepada siswa dan guru SDIT Muhammadiyah Manggeng, karna dibalik kekurangan mereka, mereka memiliki kelebihan yang luar biasa. Ia juga memberikan apresiasi kepada guru guru SLB yang sangat luar biasa dalam mendidik anak anak istimewa tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 3 dan 4 SDIT muhammadiyah Manggeng ini ditutup dengan penyerahan cendera mata dan bingkisan kepada kepala sekolah dan siswa SLBN Aceh Barat Daya. (Hendri)

Exit mobile version