Perluas Kerjasama Internasional, FSBK UAD Adakan Academic Visit ke Malaysia

Perluas Kerjasama Internasional, FSBK UAD Adakan Academic Visit ke Malaysia

KUALA LUMPUR, Suara Muhammadiyah – Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus berupaya memperluas jaringan kerjasama internasional melalui Academic Visit yang baru-baru ini dilakukan di Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9-10 Januari 2023 dengan tujuan kunjungan Universiti Sains Malaysia (USM), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia di Kuala Lumpur, dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia.

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan kunjungan Dekan Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi UAD Wajiran, S.S., M.A., Ph.D., bersama sejumlah Dosen FSBK UAD yakni Ajar Pradika Ananta Tur, S.S., M.A., Dani Fadillah, S.Ikom., M.A., Intan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A.,  Tristanti Apriyani, S.S., M.Hum., Resneri Daulay, S.S., M.A., Arif Ardy Wibowo, S.Sn., M.Sn., Iman Sumarlan., S.HI., M.H.I., dan Zanuwar Hakim Atmantika, S.Pd., M.A., ke Universiti Sains Malaysia (USM). Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke KBRI Malaysia di Kuala Lumpur dan PCIM Malaysia pada hari berikutnya.

Kegiatan Academic Visit di Universiti Sains Malaysia (USM) diterima oleh Assoc. Professor Dr. Bahiyah Binti Omar, didampingi Profesor Dr. Jamilah HJ Ahmad, Dr. Saifuddin Saleh (Deputy Dean Academic Career and International) dan Izzal Asnira Zulkepli (Deputy Dean Research, Innovation and Industry Community Engagement) yang merupakan representasi dari School of Communication USM. Dalam kunjungan tersebut, Professor Dr. Bahiyah sangat antusias dalam menerima rombongan FSBK UAD dan sangat mendukung kemungkinan kolaborasi riset dan kerjasama internasional antara USM dengan FSBK UAD.

“USM sudah cukup lama menjalin kerjasama dengan FSBK khususnya dengan Program Studi Ilmu Komunikasi. Selain mempererat kerjasama, kami juga menyetujui beberapa kesepakatan baru yang nanti akan kami realisasikan di tahun 2023” tutur Wajiran dalam wawancara secara luring, Kamis (12/01/2023).

Dalam Academic Visit kali ini, USM menyetujui beberapa program kerjasama termasuk mengirimkan delegasinya sebagai keynote speaker pada acara seminar internasional yang akan dilaksanakan di FSBK UAD, joint research/publication bagi para dosen, juga program student exchange bagi mahasiswa. Selain itu, USM juga membuka kesempatan istimewa bagi dosen-dosen UAD, khususnya dosen-dosen FSBK yang ingin melanjutkan studi S3 disana.

Setelah mengunjungi USM, jajaran dosen FSBK UAD kemudian mengunjungi KBRI Malaysia di Kuala Lumpur. Kunjungan ini secara langsung diterima oleh Prof. Muhammad Firdaus, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kuala Lumpur. Senada dengan USM, KBRI Malaysia juga sangat mendukung upaya kerjasama internasional dengan FSBK UAD dalam rangka merealisasikan program-program yang dapat memberikan dampak lebih luas lagi.

“Ada beberapa hal yang disarankan untuk direalisasikan kerjasamanya. Beberapa diantaranya adalah pengabdian masyarakat internasional dan joint research/publication bagi para dosen, program magang bagi mahasiswa, hingga KKN internasional,” ungkap Wajiran.

Kegiatan Academic Visit diakhiri dengan kunjungan Dekan dan jajaran dosen FSBK UAD ke Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di Malaysia. Dalam kunjungan ini, rombongan dosen FSBK UAD disambut langsung oleh Ketua PCIM Malaysia, Assoc Prof. Sonny Zulhuda. Prof. Sonny sangat menyambut dengan baik adanya kerjasama setelah pertemuan ini yakni tentang program magang hingga KKN internasional bagi mahasiswa.

Dari hasil Academic Visit ini, Wajiran menambahkan bahwa kini FSBK UAD sedang mempersiapkan edaran khusus terkait program magang bagi mahasiswa, baik di KBRI di Kuala Lumpur maupun di PCIM Malaysia. Selanjutnya, FSBK UAD juga akan segera mensosialisasikan kepada dosen-dosen terkait program pengabdian masyarakat internasional. (Erik)

Exit mobile version