Wujudkan Keunggulan, UAD Gelar Konsolidasi Bidang Sumber Daya Manusia

Wujudkan Keunggulan, UAD Gelar Konsolidasi Bidang Sumber Daya Manusia

Wujudkan Keunggulan, UAD Gelar Konsolidasi Bidang Sumber Daya Manusia

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Konsolidasi Sumber Daya Manusia (SDM) adalah usaha untuk menyatukan dan memperkuat hubungan antar unit kerja yang menangani pengelolaan SDM di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Oleh karena itu, Biro SDM UAD menggelar konsolidasi Bidang SDM selama tiga hari, mulai Jum’at s.d. Ahad, 13-15 Januari 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kaliurang ini diikuti 33 orang peserta yang terdiri dari Wakil Dekan (Wadek) Bidang SDM dan KKAU, Kepala Kantor Fakultas dan tim Pengembang SDM Fakultas atau tim penjaminan mutu Fakultas.

Dr. Hendro Widodo, M.Pd., selaku Kepala Biro SDM UAD menyampaikan bahwa kegiatan konsolidasi ini sangat penting diselenggarakan, mengingat di lingkungan UAD telah terjadi perubahan struktur organisasi dengan menempatkan SDM ke dalam satu bidang khusus yang ditangani secara mandiri.

Perubahan struktur organisasi dapat dilihat dari pembentukan Wakil Rektor Bidang SDM, Biro SDM hingga Wadek Bidang SDM dan KKAU. Struktur organisasi tersebut perlu dikonsolidasikan sehingga tercipta kesamaan visi-misi, tujuan serta sinergi dan kolaborasi agenda program bidang SDM di lingkungan UAD.

Senada dengan Hendro, Dr. Norma Sari, M.Hum sebagai Wakil Rektor Bidang SDM juga menegaskan betapa agenda konsolidasi diharapkan mampu menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mewujudkan pegawai UAD yang unggul dan berkemajuan.

Upaya tersebut meniscayakan adanya kesamaan orientasi, komitmen, dan konsistensi dari seluruh stakeholders yang bertugas mengelola dan mengembangkan SDM di lingkungan UAD. Pemahaman terhadap regulasi internal dan eksternal, tugas pokok, wewenang dan fungsi bidang SDM hingga kerjasama program aksi perlu dikonsolidasikan dengan baik, tegas Norma.

Norma Sari juga menambahkan bahwa pengelola bidang SDM sangat penting untuk memahami budaya organisasi yang dikembangkan di lingkungan UAD. Tiga nilai dasar UAD yaitu inovatif (imtiyaz), profesional (itqan) dan dedikatif (ihsan) perlu diaktualisasikan dalam perilaku pegawai dan program-program strategis bidang SDM. Usaha tersebut perlu dilakukan agar tumbuh kesadaran dalam diri pegawai untuk mewujudkan visi-misi dan tujuan UAD, imbuh Norma.

Kegiatan konsolidasi bidang SDM yang dikemas serius tetapi santai ini dimulai dengan materi penguatan yang disampaikan oleh Prof. Dr., Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M. dan Ust. Fathurrahman Kamal Lc., M.Si selaku Badan Pembina Harian (BPH) UAD dan Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T. Materi yang bersifat aplikatif, mulai dari tugas pokok, fungsi dan wewenang bidang SDM serta budaya kerja disampaikan Wakil Rektor Bidang SDM dan Kepala Biro SDM.

Materi percepatan karir pegawai disampaikan Dr. Farid Setiawan, M.Pd.I. selaku Kepala Bidang Seleksi dan Pengembangan Karir. Materi pendidikan dan pelatihan pegawai disampaikan Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Nur Arina Hidayati, M.Sc.

Fifitin Noviyanto, M.Cs, Kepala Biro Sistem Informasi membawakan materi terkait “Sistem Informasi di Lingkungan UAD”, dan Arfiani Nur Khusna, M.Kom, menjadi pemateri terakhir dengan tema “Evaluasi Kinerja Pegawai”. Selain itu kegiatan konsolidasi ini diakhiri dengan outbound bagi seluruh peserta dan panitia serta menyusun kesepakatan program bersama. (Farid/Riz)

Exit mobile version