Prof Din Syamsuddin: Sudah Saatnya Islam Berkemajuan Tampil di Aras Global

Prof Din Syamsuddin: Sudah Saatnya Islam Berkemajuan Tampil di Aras Global

Pengajian Ramadhan 1444 H PP Muhammadiyah sesi pertama Foto Riz/SM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum PP Muhammadiyah 2005-2015 Prof Dr M. Din Syamsuddin, MA menyebut Risalah Islam Berkemajuan (RIB) sebagai hasil dari Muktamar ke-48 Muhammadiyah bisa menjadi world view (pandangan dunia) yang dapat menjadi sebuah model dan diakui di masyarakat global.

Hal tersebut disampaikan Prof Din Syamsuddin saat menjadi narasumber materi pertama Pengajian Ramadhan 1444 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membahas “Islam Berkemajuan dalam Sejarah Peradaban Islam di Dunia dan Indonesia”,  di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jum’at (24/3/2023).

Islam Berkemajuan sebagai world view, ungkap Prof Din Syamsuddin, dapat diterima oleh dunia Islam karena memiliki karakter terbuka. Kata ‘berkemajuan’, sebelumnya pernah muncul isltilah Islam yang Berkemajuan, merupakan kata sifat yang membedakannya dengan gerakan Islam yang terbatas pada ruang dan waktu seperti berbasis kewilayahan dan pada masa tertentu.

Prof Dr M. Din Syamsuddin mengusulkan agar Islam Berkemajuan tampil di aras global perlu disosialisasikan dengan bahasa internasional seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Termasuk peran Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di berbagai negara bisa turut membumikannya.

Selain itu, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah tersebut menyebut Risalah Islam Berkemajuan perlu perlu diperkuat dengan dasar kosmologi tentang cita-cita sosial membangun peradaban.

Dalam Pengajian Ramadhan 1444 H PP Muhammadiyah sesi pertama juga menghadirkan narasumber Anggota Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Mu’arif, MPd, Guru Besar Emiritus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Prof Achmad Jainuri, MA, PhD. (Riz)

Exit mobile version