Inspirasi Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera Kembangbahu

Apotek Syifa'Mu

Inspirasi Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera Kembangbahu

Oleh: Fathurrahim Syuhadi

Kecamatan Kembangbahu adalah salah satu kecamatan dari 27 Kecamatan yang berada di Kabupaten Lamongan. Dengan jarak orbitasi kurang lebih 15 Km dari Ibukota Kabupaten Lamongan atau 14 Km dari arah kota Lamongan (Kota terdekat).

Teritorial Kecmatan Kembangbahu terdiri dari 18 Desa dan 77 Dusun. Desa desa di Kecamatan Kembangbahu meliputi desa Donomulyo, Gintungan, Kaliwates, Kedungsari, Kembangbahu, Puter, Tlogoagung, Kedung Megari, Katemas, Mangunjajar, Randubener, Maor, Sidomukti, Pelang, Dumpi Agung, Sumberbendo

Adapun batas wilayah Kecamatan Kembangbahu yakni sebelah utara Kecamatan Sukodadi, sebelah timur Kecamatan Tikung, sebelah selatan Kecamatan Mantup dan sebelah barat Kecamatan Sugio.

Luas wilayah Kecamatan Kembangbahu 6.384.320 Ha dengan tataguna tanah 3.795.430 Ha untuk sawah 1.890,020 Ha tegal, 476.250 Ha Pekarangan, Tanah Hutan Negara 16 Ha dan lain-lain 205,720 Ha.

Mayoritas penduduknya beragama Islam. Sedangkan sumber mata pencaharian atau profesi masyarakat Kecamatan Kembangbahu adalah petani, pedangang, karyawan swasta, pegawai negeri, pengusaha dan sebagian kecil merantau keluar Provinsi, serta menjadi Tenaga Kerja Asing.

Sejarah Muhammadiyah Kembangbahu

Gerakan Muhammadiyah di Cabang Kembangbahu dipelopori oleh H. Fauzi dan Sujaelan pada tahun 1964. H Fauzi berperan sebagai juru dakwah dan pengundang tokoh penting. Sementara Sujaelan dengan keahliannya beladirinya berperan sebagai pengamanan. Ketangkasan Sujaelan dalam ilmu beladiri membuat masyarakat yang ingin menjadi penghalang perkembangan Muhammadiyah menjadi ketakutan

Dalam upaya mengembangkan Muhammadiyah di cabang ini, maka dikirimlah Barqus Salam yang juga putra H. Fauzi untuk belajar ilmu agama sekaligus Muhammadiyah kepada KH Abdurrahman Syamsuri di Pondok Karangasem Paciran. Sepulang dari pesantren Barqus memimpin Muhammadiyah Cabang Kembangbahu bersama A. Latief.

Pada saat itu Cabang Muhammadiyah Kembangbahu membawahi Cabang Muhammadiyah Mantup. Cabang Kembangbahu mendapatkan pengesahan pendirian organisasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur tertanggal 29 Nopember 1995 dengan Surat Keputusan nomor 02/SK.PWM/1.b/95, dengan ketua Sahlan Badri.

Dari 18 Desa yang ada di Kecamatan Kembangbahu sudah terbentuk kepemimpinan Ranting Muhammadiyah yang tersebar di 8 Desa yaitu Ranting Lopang, Kembangbahu, Kedungmegarih, Sukosongo, Puter, Moronyamplung, Mangkujajar dan Doyomulyo.

Para Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu yang pernah memimpin dari periodei ke periode yaitu H. Fauzi Periode 1971-1985, Sahlan Periode 1986-1990, Abdul Latif Periode 1991-1996, Sahlan Badri Periode 1996 –2001, Abdul Latif Periode 2001-2006, Abu Bakar Periode 2006-2011, Ichwan Hasan Periode 2011-2016, Samuri Periode 2016-2022

Latar Belakang Pendirian 

Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera lahir dari proses musyawarah antara Forum Komunikasi Karyawan RSM Lamongan yang berasal dari Kembangbahu dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu. Musyawarah ini untuk mencari sebuah amal usaha yang dapat mendukung kemakmuran masjid At Tanwir Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu.

Diharapkan dengan adanya apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera maka dalam lima waktu sholat akan terselenggara sholat berjamaah minimal karyawan apotek. Dengan demikian kemakmuran masjid At Tanwir Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu dapat terpelihara.

Dalam proses pendirian apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera ada beberapa kendala diantaranya menurut regulasi pemilik apotek harus berupa badan hukum PT atau Koperasi atau dengan kata lain Apotek tidak bisa diatasnamakan Persyarikatan Muhammadiyah. Hal ini menjadikan pilihan yang perlu kecermatan dan kearifan.

Setelah berkonsultasi dengan MPKU (Majelis Pembina Kesehatan Umum) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan maka diputuskan untuk menggunakan Badan Hukum Koperasi. Di mana Anggota Koperasi ini adalaha Forom Karyawan RSM Lamongan yang berdomisili di Cabang Muhammadiyah Kembangbahu. Di samping itu juga melibatkan beberapa dari AUM lainnya yang berasal dari Cabang Muhammadiyah Kembangbahu Kembangbahu.

Akhirnya dipilihlah koperasi syariah untuk menaungi keberadaan apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera. Apotek dipilih karena dipandang sangat sesuai dengan potensi anggota Forum Komunikasi yang sebagian besar mempunyai disiplin ilmu medis. Tentu dengan harapan seluruh anggota akan mendayagunakan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan apotek yang berbasis pharmaceutical care dan patient care.

Selain itu disepakati oleh seluruh anggota koperasi bahwa 100% profit dari apotek dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masjid At Tanwir dan untuk mendukung operasional Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu.

Berdasarkan Akta Koperasi Notaris Elis Endriyani, SH, M.Kn Nomor 2, Tanggal 13 Oktober 2022 apotik Syifa’Mu Sehat Sejahtera dibadan hukumkan. Adapun jenis koperasinya adalah Koperasi Konsumen

Sebagai pusat kegiatan usaha apotik Syifa’Mu Sehat Sejahtera berada satu kompleks dengan masjid At Tanwir Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu tepatnya di Jala Raya Kembangbahu No. 14, Dusun Kembangbahu , Desa Kembangbahu RT 01/ RW 02, Kecamatan. Kembangbahu Kabypaten Lamongan

Visi, Misi dan Tujuan 

Visi Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera adalah suatu apotek dengan pelayanan kefarmasian prima berbasis pharmaceutical care dan patient care sebagai solusi terpercaya kebutuhan obat dan kesehatan keluarga anda.

Adapun misi dari Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera sebagai berikut :
Pertama, Memberikan pelayanan kefarmasian yang optimal dan prima berbasis pharmaceutical care kepada seluruh masyarakat.

Kedua, Melakukan pelayanan informasi serta konsultasi obat dan kesehatan kepada masyarakat.

Ketiga, Menyediakan serta menyalurkan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan yang asli, bermutu, komplit dan terjangkau untuk masyarakat.

Keempat, Membantu promosi kesehatan untuk keluarga sehat di masyarakat.
Kelima, Mencerdaskan masyarakat dalam penggunaan obat.

Sedangkan tujuan didirikan Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera adalah sebagai amal usaha yang dapat mendukung kemakmuran masjid At Tanwir Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kembangbahu.

Susunan Perangkat Organisasi

Susunan Perangkat Organisasi yang menaungi Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera adalah Koperasi Syariah yang terdiri dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang dipimpin Dr. Dian Berkah, S.HI., M.HI

Sebagai Pengawas dipercayakan kepada Dr. Dadang Kusbiantoro, Skep,Ns, M.Si. MM dan Munadi, SKep,Ns

Adapun kepengurusannya terdiri dari Ketua 1 Achmad Sutarjo, SKep,.Ns dan Ketua 2 Kasto. Sebagai Sekretaris 1 Heri Efendi, A.Md. RMIK. Sedangkan Bendahara 1 Heru Susanto, Kep,.Ns dan Bendahara 2 Apt Sunu Sakti Setyari, S.Farm.

Masa Jabatan pengurus yang dipilih berlaku selama 3 tahun. Apabila jabatan mereka telah habis maka dapat dipilih kembali

Koperasi Syarian ini dipilih dengan usaha ytama Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera dengan usaha pendukung yang meliputi pertokoan dan simpan pinjam

Untuk pertama kalinya, Koperasi Syarian yang menaungi apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera dengan Simpanan Pokok (SP) sebesar Rp 100.000 dan Simpanan Wajib (SW) sebesar Rp 30.000

Keberadaan Apotek Syifa’Mu Sehat Sejahtera ini merupakan amal usaha di bidang kesehatan yang berdiri pertama kali di Daerah Muhammadiyah Lamongan. Semoga menginspirasi Ranting dan Cabang Muhammadiyah di Lamongan bahkan di Indonesia.

Fathurrahim Syuhadi, Ketua MPK PDM Lamongan

Exit mobile version