‘Back to Masjid’, Lazismu Kabupaten Magelang Gelontorkan Dana Renovasi Mushala

'Back to Masjid', Lazismu Kabupaten Magelang Gelontorkan Dana Renovasi Mushala

Direktur Lazismu Kabupaten Magelang Fatchan Amin dan Ketua Kantor Layanan (KL) Lazismu Candimulyo Slamet Ari menyerahkan secara simbolis kepaada Ketua Takmir Masjid Al-Huda Beningan 3, Bateh, Candimulyo, Kabupaten Magelang.

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Melalui sentuhan Program Back to Masjid, Lazismu Kabupaten Magelang membantu mewujudkan mimpi masyarakat Beningan 3, Bateh, Kecamatan Candimulyo miliki musala layak pakai. Dana senilai Rp. 14.900.000 digelontorkan untuk merenovasi tempat wudu dan pembangunan kamar mandi.

Direktur Lazismu Kabupaten Magelang Fatchan Amin mengungkapkan, program dakwah back to masjid merupakan bentuk kolaborasi dengan Kantor Layanan (KL) Lazismu Candimulyo. Sasarannya yakni musala atau masjid yang membutuhkan bantuan operasional, fasilitas, maupun sarana prasarana.

“Harapannya jamaah agar lebih nyaman beribadah. Karena musala Al-Huda itu merupaakan cikal bakal jamaah warga Beningan 3,” katanya kepada Jawa Pos Radar Magelang Senin (1/5).

Sebelumnya, kata dia, program tersebut diawali dengan bantuan suplai air ke 60 KK melalui program Sanitasi Air Untuk Masyarakat (SAUM). Selain untuk kebutuhan ibadah, juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Lalu dilanjutkan dengan pentasyarufan pintu musala. Kini, berkembang ke fasilitas dan sarana prasarana musala agar laik pakai.

“Kita juga mengecek sanitasi air ke masyarakat di beberapa titik yang dulu pernah kita adakan pralonisasi,” tutur Fatchan.

Ketua Kantor Layanan Lazismu Candimulyo Ari Slamet menyebutkan, tak hanya soal membantu fasilitas dan sarpras, kemandirian warga juga dibangun. Yakni melalui pemberdayaan UMKM.

“Ada 70 pohon kelapa yang diwakafkan kepada panti asuhan di Candimulyo untuk dimanfaatkan,” ujar Slamet.

Ia menambahkan, pralonisasi air kepada warga diambil dari sumber mata air dari pegunungan yang berjarak sekitar 4,5 kilometer. Agar ekonomi masyarakat mandiri, ditanamkan sebanyak 450 bibit kelapa jenis Genjah Entog dan 350 Jambu Kristal. “Supaya mereka bisa mengambil manfaatnya. Saat ini manfaatnya sudah dirasakan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Takmir Masjid Al-Huda Beningan 3 Suwito sentuhan program Lazismu dapat berkelanjutan. Terutama kepada jamaah hingga masyarakat umum. “Wawasan dan pengetahuan kami meningkat dan beribadah dengan nyaman,” pungkasnya.(arf)

Exit mobile version